Minggu, 23 Januari 22

Rio Haryanto Ingin Buat Indonesia Bangga

Rio Haryanto Ingin Buat Indonesia Bangga

Jakarta, Obsessionnews Anak muda Indonesia, kini punya jagoan baru di ajang balap Formula 1. Rio Haryanto resmi tampil di ajang paling bergengsi tersebut. Ini merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah, Indonesia tampil di ajang balap kelas dunia. “Saya ingin membuat Indonesia bangga,” jawab Rio kalem.

Presiden Jokowi, juga antusias mendukung karir dirinya. Dia bilang ke saya; “wah kamu sering menang sekarang, saya bangga”. Saya senang Presiden memberi perhatian, dan dia ingin mewujudkan mimpi saya berlaga di F1,”

Anak dari pembalap Sinyo Haryanto, asal Surabaya ini, dikenal kalem dan rendah hati kepada siapa saja. Lewat komunitas @sahabatrio, dia tidak pernah menolak berfoto dan berbincang dengan penggemarnya di mana saja.

Baca juga:

Rio Haryanto Resmi Masuk F1

Sandiaga Uno Janji Bantu Rio Haryanto

Manor Harapan Baru Bagi Rio Haryanto

Perjuangan Rio untuk sampai jadi pembalap profesional bukan hal mudah. Dia ingat betul percakapan dengan ayahnya, Sinyo Haryanto, sesaat sebelum balapan pertamanya di Surabaya tahun 1999. “Ayah bilang, nikmati saja balapannya. Kamu harus nekat, jangan takut,” ujar Rio, mengenang. Ketika itu dia 6 tahun, dan langsung juara nasional gokart kelas kadet di tahun debutnya tersebut.

Dua belas tahun berselang, Rio tampil di GP2 Series, ajang balap mobil kursi tunggal yang disebut sebagai anak tangga terakhir sebelum menuju balap Formula 1. Musim 2015 ini adalah tahun keempatnya di GP2–dengan torehan prestasi tiga kali jadi juara dan dua kali naik podium di urutan kedua. “Sebelum lomba, ayah masih terus bilang kalimat harus nekat dan jangan takut itu sampai sekarang,” kata Rio.

Rio Hariyanto-- 2

Bertengger di peringkat ketiga klasemen GP2 Series sekaligus mengumumkan Rio sebagai salah satu pebalap muda yang menjanjikan. Wajar jika ia digembar-gemborkan pindah ke tiga tim F1, yakni The Sahara Force India, Sauber, dan Manor. “The Sahara Force dan Sauber sudah mendapatkan pembalapnya. Kini hanya tim Manor yang mendekat,” ujarnya.

Tim Manor, sebelumnya dikenal dengan nama Marussia Manor, bukan tim baru bagi Rio. Tim ini yang membesutnya di GP3 Series 2010. Mereka memberi waktu tiga minggu untuk Rio menyediakan dana yang dibutuhkan: 15 juta euro. “Kalau tidak ada kepastian dana yang hampir Rp 300 miliar itu, saya digantikan pembalap lain,” ujarnya.

Akhirnya, masalah dana bisa terpecahkan, setelah Menpora Imam Nachrowi turun tangan, dan membuat negara mau menanggung dana tersebut. Dibantu oleh Pertamina, sebagai sponsor utama.

Untuk menjaga kebugaran, Rio hobi olahraga ringan, seperti bersepeda, lari, berenang atau fitness.

Jadi, kita tunggu saja, semoga Rio dan timnya, bisa langsung melesat, dan menjuarai F-1. Semoga! (rez)

mobil Rio Hariyanto--

Pembalap F1 musim ini:

Mercedes: Lewis Hamilton- Nico Rosberg

Ferrari: Sebastian Vettel-Kimi Raikonnen

Williams: Valeri Bottas- Felipe Massa

Red Bull: Dani Kvyat-Daniel Ricciardo

Force India: Nicko Hulkenberg-Sergio Perez

Renault: Kevin Magnussen-Jolyon Palmer

Torro Rosso: Carlos Sainz-Max Verstappen

Sauber: Marcus Ericson-Felipe Nasr

Mc Laren: Fernando Alonso-Jenson Button

Manor: Pascal Wehlrein-Rio Haryanto

Haas: Esteban Gutierrez-Roman Grosjean

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.