Minggu, 22 Mei 22

Ringankan Hisabmu

Oleh: Ustadz Felix Siauw, Penulis dan Pengemban Dakwah 

 

Dunia itu memang menyulitkan, karena tiap nikmat akan ditanya. Begitu pula tiap yang tidak nikmat akan ditanya. Semua yang Allah beri ke kita akan ada hisabnya.

Maka kaya akan dihisab, miskin juga akan dihisab. Berilmu akan dihisab soal ilmunya, dan yang tak berilmu juga akan dihisab mengapa ia tidak mempelajarinya.

Maka paling tepat dalam hidup, adalah berpikir bagaimana cara supaya hisab kita lebih ringan kelak. Agar apapun yang terjadi pada kita tidak mempersulit kita nanti.

Maka kalau punya baju yang bagus, pakailah untuk ke masjid saat shalat. Mobil pakai ke kajian-kajian, dan harta belanjakan di jalan Allah, biar hisabnya mudah.

Jangan justru baju terbaik malah kita simpan-simpan untuk momen khusus, ketika undangan misalnya. Maka siap-siap saja saat berjumpa dengan Allah bakal ditanya.

Bisa jadi saat dihisab kita ditanya, “Mengapa pakaian terbaik kita gunakan saat berjumpa manusia, tapi saat menjumpai Allah kita terkesan seadanya”, bisa jadi begitu.

Ringankan hisab kita dengan memanfaatkan apa yang Allah beri pada kita hanya untuk ketaatan. Karena nikmat itu semuanya akan dimintai pertanggungjawabannya.

Maka beruntung yang punya harta lalu kebaikan dirinya bisa berlipat. Sebab harta itu, ini bukan lagi meringankan hisab, tapi justru memperindah hisab kita kelak.

Beruntung yang memiliki kekuasaan, lalu menjadikan jabatan dan kewenangannya memperkuat agama Allah. Kelak akan ada banyak jiwa bersaksi baik tentangnya.

Tapi bayangkan sebaliknya. Ada yang diberi kekuasaan dan wewenang, tapi malah mempersulit kaum Muslim, menangkapi ulama, dan menghambat seruan dakwah.

Di hari itu, Maliki Yaumiddin, tak ada yang berkuasa selain Allah. Dan saat itu hisab mereka akan menyengsarakan, sebab akan ada jutaan yang menuntut dirinya akan dzalimnya.

Bertakwalah pada Allah, teman-temanku sekalian. Mari kita buat hisab kita lebih ringan tiap harinya, dengan mempersembahkan yang terbaik dari semua nikmat yang Allah beri.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.