Jumat, 19 April 24

Ridwan Instruksikan BUMD Jangan Hanya Kejar Untung

Ridwan Instruksikan BUMD Jangan Hanya Kejar Untung
* Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, saat melantik Badan Pengawas Perusahaan Daerah Pasar Bermartabat Kota Bandung.

Bandung,  Obsessionnews – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Bandung, Jawa Barat, dituntut tidak hanya mengedepankan keuntungan saja, namun mampu menunjukkan kepada dunia menjadi perusahaan yang sustainable.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil, saat melantik Badan Pengawas Perusahaan Daerah Pasar Bermartabat Kota Bandung dan Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Air Minum Tirtawening Kota Bandung periode tahun 2016-2019, di Auditorium Balaikota Bandung, Jl. Wastukancana, Selasa (1/3/2016).

“Tunjukan kepada dunia BUMD itu bisa menjadi perusahaan sustainable dengan rumus 3P, Sustainable itu ada 3 yaitu responsbility to Profit, responsbility to People, responsbility to Planet,” tegasnya.

Selain dituntut beroperasi secara efisien dan efektif, perusahaan daerah tidak melupakan harmonisasi tiga elemen Profit, Planet dan People.

“Dengan rumus 3P, Jadi tidak boleh menjadi perusahaan yang merugi tapi juga bukan binatang ekonomi, harus bisa menunjukkan tempat ini adalah tempat yang dicintai karyawannya menjadi kemaslahatan maksimal bagi masyarakat yang dilayani juga responsibilty to planet atau lingkungan hidup,” kata Ridwan.

Ditandai dengan penandatanganan pakta integritas, Kodrat Wibowo dari unsur profesional diangkat menjadi Ketua merangkap anggota Dewan Pengawas PDAM Tirtawening Kota Bandung periode 2016-2019, Hj. Lusi Lesminingwati (unsur perangkat daerah), H. Pian Sopian, Denda Alamsyah, Enjang Hasanudin (unsur masyarakat konsumen).

Wali Kota Bandung juga mengangkat Anggota Badan Pengawas PD Pasar Bermartabat Kota Bandung periode 2016-2019, Ervan Maksum sebagai ketua, Rusjaf Adimenggala (Sekretaris), Ahmad Haidir Ismail (Anggota) menggantikan Popy Rufaidah, Tatto Sutamto, Nanang Sudjana.

Emil BUMD-
Ridwan Kamil.

Dalam arahannya Ridwan mengatakan, ukuran keberhasilan PDAM Tirtawening apabila seluruh warga Kota Bandung terlayani air bersih dan air minum, menjadi perusahaan yang cermat dan canggih dalam mengelola limbahnya.

“Silahkan mengeksplorasi bisnis lain yang menghasilkan income, memamfaatkan aset-aset yang ada, jadi PDAM juga selain presentase pelayanan publik nya tinggi, air limbah nya bagus, selain menunaikan tugas wajib juga melaksanakan sunnahnya maksimal, di Cimahi lahan kosong seperti satu setengah hektar bengong ti zaman baheula (dari dahulu.red) menjadi tempat pembuangan pipa-pipa raksasa yang tidak terpakai, sebagai arsitek sudah kebayang menjadi apartemen rakyat, minimal apartemen warga PDAM bagi yang belum memiliki rumah wah keren,” ujar Kang Emil.

Ridwan mengatakan keberhasilan harus terus dikejar dan perubahan harus dijemput.

“Saya sudah kerja keras melebihi panggilan tugas. Saya sudah ke Belanda merayu dan meyakinkan bantuan. Alhamdulillah walaupun sedang proses kurang lebih nilai sebesar 70 M itu murni hibah business to business. Kesimpulan nya adalah perubahan itu harus dijemput tidak bisa ditunggu, jadi tidak bisa PDAM seperti manajemen jaga warung tetapi manajemen menjemput. Jangan menunggu warga complain ke kantor badak singa,” tegasnya.

Riodwan juga meminta segera semua urusan PDAM Tirtawening menggunakan manajemen digital. “Sudah tidak musim mengandalkan manajemen yang manual, saya sudah tidak percaya yang nama nya manajemen manual berdasarkan laporan, tidak boleh lagi database pedagang pasar pakai kertas, tidak boleh lagi pedagang pasar bayar retribusi seperti bayar parkir, harus online sekarang itu, disitu sumber-sumber fitnah dan sumber ketidaktertiban terjadi. Jadi titipan saya kepada dewan pengawas dalam waktu 2 tahun harus going digital smart city untuk semua urusan,” tandasnya.

Sama halnya kepada Anggota Badan Pengawas PD Pasar Bermartabat Kota Bandung yang baru dilantik, Ridwan mengatakan reformasi ditubuh PD Pasar apabila diperlukan harus segera dilakukan.

“Bertemu lagi saya di bulan Desember, saya meminta good news dari reformasi, SOP saya belum lihat, data going digital itu wajib minimal database pedagang, saya ingin bisa di cek ke Bandung Command Center termasuk SOP operasional juga dan saya tahu godaan di PD Pasar itu besar sekali,” timpalnya.

Ia menginginkan PD Pasar Bermartabat memamfaatkan ekonomi lahan. “Pasar terbaik itu apabila gedung dibawahnya menjual kebutuhan-kebutuhan pokok sembako, ditengahnya pasar tematik dan gedung diatasnya bisa menjadi perumahan rakyat, sehingga lahan-lahan PD Pasar jauh lebih bermanfaat,” ucapnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.