Minggu, 26 Juni 22

Ridwan Hisjam Optimis Sektor Pariwisata Indonesia Terus Meningkat

Ridwan Hisjam Optimis Sektor Pariwisata Indonesia Terus Meningkat
* Ridwan Hisjam hadir di kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan yang dilaksanakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI, Malang.

Malang, Obsessionnews.com – Meski Indonesia masih dilanda krisis ekonomi global, anggota DPR Komisi VII Ridwan Hisjam optimis sektor pariwisata nasional terus mengalami peningkatan. Ini didasari dengan sejumlah tren di mana wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia dari tahun ke tahun meningkat.

“Di Indonesia, meskipun krisis global terjadi beberapa kali, jumlah perjalanan wisatawan mancanegara tetap menunjukkan pertumbuhan yang positif,” ujar Ridwan saat menjadi narasumber kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan yang dilaksanakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI, Jumat (11/4/2018).

Menurutnya, jika pariwisata sudah menjadi program nasional, maka seluruh daerah di Indonesia harus bisa memikirkan bagaimana strategi untuk bisa meningkatkan sektor pariwisata daerah. Karena dengan itu, lapangan kerja akan semakin banyak, dan problem kemiskinan di masyarakat semakin berkurang.

“Pariwisata merupakan salah satu kunci pembangunan, kesejahteraan dan kebahagiaan. Oleh karena itu, meningkatnya destinasi dan investasi pariwisata, menjadikan Pariwisata sebagai faktor kunci dalam pendapatan ekspor, penciptaan lapangan kerja, pengembangan usaha dan infrastruktur,” tegas Ridwan

Ridwan pun menghimbau pemerintah pusat untuk terus berupaya meningkatkan kualitas kepariwisataan. Bukan hanya sektor sumber daya alam, tetapi sumber daya manusianya juga harus terus ditingkatkan.

“Kondisi ini tentu sangat menggembirakan sekaligus menjadi tantangan untuk Pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata RI untuk terus berpacu dan meningkatkan pelayanan, pemasaran, pengembangan destinasi dan sektor terkait lainnya. Untuk mendukung itu semua, SDM Kepariwisataan memiliki peran strategis,” katanya.

Selain anggota DPR RI, acara yang digelar di kampus Universitas Brawijaya Malang, turut dihadiri oleh Asisten Deputi Kemenpar, Rektor UB, Kepala Dinas Pariwisata Kota Malang, Wakil Bupati Sumenep, dosen pariwisata, Asosiasi Duta Wisata, mahasiswa dan beberapa pelaku industri pariwisata. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.