Rabu, 5 Oktober 22

Ridwan Hisjam: Malang Harus jadi Percontohan Sapta Pesona

Ridwan Hisjam: Malang Harus jadi Percontohan Sapta Pesona
* Ridwan Hisjam hadiri acara Gerakan Sadar Wisata dan aksi Sapta Pesona di Kota Malang, Senin (16/10/2017).

Malang, Obsessionnews.com – Saat menghadiri acara Gerakan Sadar Wisata di Tjelaket, Kampoeng Ornamen, Kota Malang, anggota DPR Komisi X Ridwan Hisjam menghimbau kepada masyarakat agar wilayah Malang Raya harus bisa menjadi percontohan dari Sapta Pesona.

Ridwan mengatakan, Gerakan Sadar Wisata harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk bisa menerapkan Sapta Pesona. Sebab, pariwisata yang bagus tidak hanya mengandalkan destinasi alamnya, lebih dari itu, kebersihan, dan kenyamanan juga harus menjadi nomor satu.

”Sapta Pesona ini didalamnya ada aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan. Semuanya ini berkaitan. Dan wilayah Malang Raya ini harus bisa menjadi percontohan dari Gerakan Sadar Wisata dengan menerapkan Sapta Pesona,” ujar Ridwan, Senin (16/10/2017).

Menurutnya, wisata alam yang bagus tidak mungkin akan bisa dinikmati oleh banyak orang tanpa ada prinsip Sapta Pesona. “Alamnya bagus, tapi tempatnya kotor jadinya jelek. Lalu alamnya bagus, bersih, tapi orangnya tidak ramah, itu juga tidak baik, jadi Sapta Pesona itu semua berkaitan tidak bisa dijalankan satu-satu,” jelasnya.

Wilayah Malang Raya sendiri, ungkap Ridwan, punya potensi pariwisata yang besar, baik dari segi kebudayaan maupun keindahan alamnya. Potensi ini kata dia, harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan devisa, sehingga masyarakat dengan sendirinya akan terkena dampak secara ekonomi.

“Kawasan Bromo Tengger masuk dalam daftar 10 destinasi prioritas pemerintah. Ini artinya Malang punya potensi besar, belum tempat-tempat lain, sayang jika potensi ini tidak dimaksimalkan,” jelasnya.

Disebutkan, Kota Malang menjadi salah satu jujugan pariwisata beberapa tahun terakhir. Wilayah ini memang tidak memiliki potensi alam, tapi dengan kreativitas serta inovasi kota ini mampu mewujudkan wisata buatan berupa kampung-kampung tematik. Hasilnya, dia mengakui tingkat kunjungan wisatawan di kota ini pun meningkat dari tahun ke tahun.

”Melalui gerakan sadar wisata ini, kita tingkatkan lagi kreativitas, dan terus berinovasi sehingga banyak wisatawan kembali datang ke Kota Malang ini,’’ tambahnya.

Politisi Partai Golkar memang dikenal sangat getol mengkampanyekan kepada masyarakat agar sadar wisata. Sebab, ia sendiri sadar Indonesia memiliki alam yang sangat bagus melebihi negara manapun, dan jika itu bisa dikelola dengan baik melibatkan masyarakat dan semua pihak. Ia yakin pariwisata Indonesia akan menjadi penyumbang devisa pertama negara.

“Tidak ada negara sekaya Indonesia, baik kekayaan alamnya, keragaman budayanya, dan keberagaman suku, dan bahasanya. Karena itu, surga kecil ini harus selamanya kita jaga, kita rawat untuk kemakmuran masyarakatnya,” tandasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.