Rabu, 24 April 24

Ridwan Hisjam: Empat Pilar Kebangsaan Harus Ditanamkan Sejak Usia Dini

Ridwan Hisjam: Empat Pilar Kebangsaan Harus Ditanamkan Sejak Usia Dini
* Ridwan Hisjam saat menggelar sosialisasi empat pilar.

Obsessionnews.com – Anggota Komisi VII DPR RI yang juga anggota MPR RI Ridwan Hisjam menyampaikan, empat pilar kebangsaan sangat penting untuk terus digelorakan, bukan hanya kepada orang dewasa, tapi harus ditanamkan sejak usia dini kepada anak-anak.

“Empat pilar ini saya kira penting untuk terus digelorakan, bukan hanya kepada orang dewasa, tapi juga ditanamkan pada anak usia dini, agar punya jiwa nasioanlisme yang tinggi,” ujar Ridwan saat menggelar Sosialisasi empat pilar di Aula Yayasan LPI Al Ikhlas Desa Gading, Kec Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu 15 April 2023.

Menurutnya, empat pilar yang sudah terbentuk takkan berbenturan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Sedangkan pangkal dari empat pilar adalah Pancasila yang kelima silanya telah dirumuskan oleh tokoh ulama pendiri bangsa, sehingga NKRI terbentuk menjadi negara yang religius dan demokratis,” ungkapnya.

Politisi senior Partai Golkar ini mengatakan, bidang pendidikan merupakan peluang terbesar untuk diisi dengan muatan-muatan empat pilar kebangsaan. Sebab, generasi penerus bangsa yang terdiri dari siswa-siswi harus mempunyai jiwa nasionalisme supaya dapat membentengi diri dari pengaruh budaya asing yang kini kian tidak terbendung.

“Pendidikan yang terkelola dengan baik dan benar dapat menyelamatkan generasi yang cinta terhadap kedaulatan bangsa,” imbuhnya.

Tujuan sosialisasi empat pilar itu dilaksanakan untuk memperkuat kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembentukan karakter pada generasi muda akan memengaruhi kemajuan bangsa.

Karena itu, perlu memperkuat potensi integrasi bangsa dengan memasyarakatkan empat pilar MPR RI sebagaimana Peraturan MPR 1/2014. Yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kalau ini jarang kita sosialisasikan nanti lama-lama masyarakat bisa lupa. Jadi mau tidak mau ini harus terus digaungkan. Falsafah bangsa kita harus bisa dipahami seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.