Sabtu, 23 Februari 19

Ridwan Hisjam Dorong Kenaikan Beasiswa Bidik Misi 100 Persen

Ridwan Hisjam Dorong Kenaikan Beasiswa Bidik Misi 100 Persen
* Wakil Ketua Komisi VII DPR Ridwan Hisjam (Foto Sutanto Obsession Media Group)

Jakarta, Obsessionnews.com – Komitmen Ridwan Hisjam dalam membangun dunia pendidikan bermutu tak perlu diragukan lagi. Wakil Ketua Komisi VII DPR itu tengah mewacanakan kenaikan Bea Siswa Bidik Misi sebesar 100 persen dari yang diterima sekarang sebesar Rp2,6 Juta.

Realisasi kenaikan ini akan diusulkan pada APBNP 2019 atau baru berlaku pada tahun 2020 yang akan datang. Ridwan mengatakan, usulan itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang sama, baik mahasiswa di PTN dan PTS yang tak tertampung dalam seleksi mahasiswa perguruan tinggi negeri

“Selain itu, alokasi bea siswa saat ini sudah tak memadai dibandingkan dengan biaya kuliah di PTS yang rata rata mencapai Rp 5 juta, disamping indek biaya hidup yang makin tinggi,” kata Ridwan belum lama ini.

Ada 3 status perguruan tinggi yang dikenal sekarang dalam pendidikan tinggi. PTN berbadan hukum yang mengelola keuangannya sendiri meliputi UI, ITB, IPB, UNPAD, UNDIP, UGM, UNAIR, ITS, USU dan UNHAS.

Sedangkan PTN yang lainya berada dibawah Satker anggaran keuangan Menristek Dikti. Sementara pembiyaan di PTS tergantung Yayasan dan partisipasi mahasiswa.

“Bedanya kualitas PTS sekarang sudah semakin membaik dimana banyak mahasiswa yang berkualitas sama dengan PTN yang daya tampungnya terbatas,” tambahnya.

“Partisipasi PTS ini telah mengurangi beban pemerintah dalam menampung mahasiswa baru setiap tahunnya. Yang didalam UU diatur bahwa bidang pendidikan adalah jadi tanggung jawab pemerintah,” tegas Ridwan Hisjam alumni ITS Surabaya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.