Sabtu, 25 September 21

Ridwan Hisjam Dorong Berdayakan SMK Kelautan

Ridwan Hisjam Dorong Berdayakan SMK Kelautan
* Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ir. M. Ridwan Hisjam

Surabaya, Obsessionnews – Sebagai negara maritim, Indonesia harus dapat memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) kemaritiman. Salah satunya memberdayakan SMK kelautan dengan menyediakan alat simulator kemaritiman. Hal ini bertujuan agar siswa yang lulus dapat sertifikat sesuai kompetensinya dan siap bekerja dengan kualitas yang baik.

“Kita harus berdayakan SMK kelautan dengan membelikan mereka alat simulator agar dapat melahirkan lulusan yang unggul dan siap kerja,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ir. M. Ridwan Hisjam saat menjadi narasumber dialog pendidikan maritim Jawa Timur (Jatim) di Malang, Rabu (27/5/2015).

Menurut mantan Wakil Ketua DPRD Jatim ini, alokasi dana pembelian alat simulator tersebut diambilkan dari anggaran pendidikan yang sudah diatur UU sebesar 20% dari APBN.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kurang lebih 17.000 pulau. Namun, kata Ridwan, selama ini Indonesia masih kalah dengan Singapura, karena semua barang dari luar negeri harus masuk dulu ke Singapura kemudian baru ke Indonesia.

“SDM kelautan kita masih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Padahal potensi kelautan kita luar biasa besar dibandingkan dengan banyak negara yang saat ini justru lebih maju dari pada Indonesia,” katanya kepada obsessionnews.com seusai acara dialog maritim tersebut.

Untuk itu, dengan adanya potensi dari kelautan dan pendidikan kemaritiman, Ridwan mendorong Indonesia harus lebih mumpuni. Indonesia dapat menjadi pelabuhan Nusantara yang bisa menampung kapal-kapal barang jumbo. Salah satu daerah yang memiliki potensi menjadi pelabuhan besar adalah Malang Selatan, dengan skema kerjasama antara pusat, daerah, dan forum kemaritiman.

“Bahkan akan jauh lebih besar dari pelabuhan Surabaya karena memiliki akses laut langsung ke negara-negara lain,” ujarnya

Sementara itu Erry Setyatmiko selaku Ketua Ridwan Hisjam Center (RHC) saat memberikan sambutan mengatakan, Indonesia merupakan poros kemaritiman dunia yang harus dimanfaatkan. Sehingga dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir tahun Indonesia sudah siap bersaing dengan negara yang lain.

Dialog ini diikuti kepala SMK se Malang Raya dengan menghadirkan narasumber Wakil Ketua Komisi X DPR dari Partai Golkar Ir. M. Ridwan Hisjam, Ketua Forum Maritim Jatim Prof. Ir. Daniel Rosyied, P.hD. yang dimoderatori oleh DR.Bambang Setyadin, MM. dari Universitas Negeri Malang. (Adi Suprayitno)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.