Sabtu, 4 Desember 21

Breaking News
  • No items

Ridwan Hisjam Berpeluang Jadi Cawagub di Pilkada Jatim

Ridwan Hisjam Berpeluang Jadi Cawagub di Pilkada Jatim
* Anggota Komisi X DPR RI Ridwan Hisjam.

Jakarta, Obsessionnews.com – Lahir di Surabaya 26 Mei 1958, Ridwan Hisjam dikenal bukan hanya sebagai politisi, tapi juga pengusaha, sekaligus entrepreneur sejati yang gemar berorganisasi. Berkunjung ke daerah dan berinteraksi dengan warga adalah salah satu dari kesibukannya sebagai anggota Komisi X DPR RI.

Ridwan percaya dengan menyapa warganya di daerah pemilihan Malang Raya mereka merasa tidak ditinggalkan atau diayomi. Setidaknya ini yang membuat Ridwan sampai saat ini masih dipercaya sebagai anggota DPR sejak 1999. Baginya jabatan adalah amanah rakyat yang harus dijaga.

“Seorang raja atau pemimpin tidak ada artinya kalau ditinggalkan oleh rakyatnya. Dan sikap mereka itu tergantung sikap kita terhadap mereka,” ujar Ridwan, Minggu (15/1/2017).

Berkiprah dalam dunia politik dan membangun jaringan yang kuat di wilayah Jawa Timur (Jatim) sudah dilakukan Ridwan sejak lama, karena ia tumbuh besar di Surabaya dan tercatat sebagai alumni mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, sehingga wajar ia banyak dikenal banyak orang.

Dengan pengalaman yang ia miliki, mantan Ketua DPD Partai Golkar Jatim ini pernah diminta oleh masyarakat untuk menjadi calon wakil gubernur Jatim mendampingi Soetjipto yang diusung PDI Perjuangan pada Pilgub 2008 lalu. Meski belum berhasil menjadi pemenang, paling tidak kehadiran Ridwan sudah memberikan warna demokrasi yang sehat di  Jatim.

Kini delapan tahun berlalu, Jatim sudah melewati dua ‎kali pemilihan gubernur. Soekarwo adalah gubernur terpilih selama dua periode yang mulai menjabat sejak 12 Februari 2009, dengan pasangannya Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul sebagai Wakil Gubernur. Keduanya akan mengakhir masa jabatannya di tahun 2019.

Adanya Pilkada serentak, Jatim akan kembali‎ menggelar pesta di demokrasi pada 2018 mendatang. Ada tiga nama yang disebut-sebut sebagai calon kuat gubernur Jatim menggantikan Soekarwo. Mereka adalah Gus Ipul, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Ridwan yang sudah paham dengan peta politik di Jatim menyatakan bahwa mereka adalah calon-calon yang besar kemungkinan akan diusung dalam Pilgub Jatim 2018 mendatang. Sebab, ketiganya punya kelebihan dalam memimpin‎, dan dikenal luas oleh seluruh masyarakat Jatim.

“Mereka sudah punya kans besar untuk menjadi seorang pemimpin di Jatim ‎karena prestasi dan karya-karyanya,” terangnya.

Saat ditanya, apakah dirinya siap bila diusung kembali sebagai Cawagub, Ridwan secara pribadi tidak memiliki ambisi untuk itu. Namun, bila itu menjadi‎ keinginan rakyat Jatim, ia akan menggunakan kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya, seperti kata dia bahwa jabatan adalah amanah yang harus dijaga.

“Kenapa tidak, selagi itu menjadi pilihan terbaik rakyat Jatim, kita harus menghargainya,” ucapnya.

‎Meski sudah dibilang sebagai politisi senior, Ridwan tetap tampil apa adanya dekat dengan anak muda, dan suka berbagi pengalaman. Rumah aspirasi Jl. Perumahan Permata Jingga Blok AA-9 Kota Malang‎ sangat terbuka untuk warga Malang yang berdialog dan berdiskusi langsung dengannya.

“RH Center itu rumah aspirasi kami untuk untuk berdiskusi mendengarkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat Malang,” terang Ridwan yang kini menjabat sebagai  Ketua Departeman.Pemenangan Pemilu Jawa III atau Jawa Timur, di DPP Partai Golkar.

Pada prinsipnya Ridwan selalu mengatakan, bahwa pemimpin harus siap melayani rakyatnya, dan untuk melewatinya  memang tidak mudah butuh pengorbanan dan kekhilasan. ‎Berbagai jabatan yang sudah ia emban adalah bagian dari takdir Tuhan yang harus diterima dan dijaga.

Diketahui, Ridwan tercatat pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jatim. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Jatim, dan dipercaya sebagai bendahara partai. ‎ Ia juga tercatat sebagai Komisaris Utama PT Sarana Jatim Ventura dan Komisaris Utama PT Sinar Jati Mitra‎. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.