Senin, 24 Februari 20

Ribut-ribut Belanja Barang Negara yang Diduga Atas Nama Roy Suryo

Ribut-ribut Belanja Barang Negara yang Diduga Atas Nama Roy Suryo
* Mantan Menpora Roy Suryo. Foto Twitter @KRMTRoySuryo2

Jakarta, Obsessionnews.com – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) masih dipusingkan dengam tudingan dirinya mengambil barang milik negara pada saat masih menjabat sebagai Menpora pada 2014 lalu. Melalui pengacara Roy Suryo, Tigor Simatupang tudingan itu tidak benar.

Tigor terus mempertanyakan penagihan barang milik negara aset Kemenpora ke kliennya. Pengacara menyebut belanja barang yang menggunakan duit negara bukan dilakukan Roy, melainkan anak buahnya saat menjabat Menpora. Namun dia heran belanja itu dimasukan atas nama Roy Suryo.

“BPK sebetulnya tahu yang mengeluarkan uang bukan Pak Roy. Yang belanja siapa? tapi dimasukkan ke belanja dia (Roy Suryo). Itu catatan belanja orang Kemenpora bukan Roy Suryo,” ujar Tigor saat dihubungi, Kamis (6/9/2018).

Tigor menegaskan, saat menjadi Menpora, Roy tidak pernah melakukan belanja langsung atas nama dirinya. Segala keperluan selalu disiapkan oleh bawahannya.

“Jelas kok ini ada aturannya duit dari mana ke mana itu jelas kok, harusnya nggak bisa dikaitkan (ke Roy Suryo). Apa iya ngurusin gitu (belanja) menteri? yang ngerjain (melakukan pembelanjaan) kan kabag-kabagnya,” sambung Tigor.

Soal belanja barang negara, kata Tigor Roy tidak tahu apa-apa. “Pak Roy sendiri nggak megang apa-apa kok dimasukkan ke belanja dia,” imbuh dia.

Kemenpora menyurati Roy Suryo agar mengembalikan barang-barang milik negara. Total barang negara yang diminta dikembalikan sebanyak 3.226 unit.

Surat tertanggal 1 Mei 2018 disebut Kemenpora dikirimkan tanggal 3 Mei. Namun pihak Roy Suryo mengaku belum menerima surat yang dimaksud.

Surat ketiga yang dikirim ke Roy Suryo dilayangkan berdasarkan hasil pemeriksaan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menemukan barang-barang milik negara yang belum kembali.

“Apa yang dilakukan Kemenpora adalah menindaklanjuti temuan BPK RI,” kata anggota III BPK RI, Achsanul Qosasi, lewat akun Twitter-nya, Rabu (5/9).

Dalam cuitannya, Achsanul mengaku sebagai Penanggung Jawab Pemeriksaan Kemenpora. Dia mengatakan sudah menyampaikan kepada Roy daftar barang yang mesti dikembalikan.

“Saya sebagai teman Pak Roy dan Penanggung Jawab Pemeriksaan Kemenpora, telah menyampaikan kepada beliau, berikut daftar lampiran barang untuk dikembalikan,” ujarnya.

Roy sudah menanggapi tudingan itu. Ia merasa dirinya difitnah dan merasa direndahkan martabtnya karena disebut membawa barang milik negara. Menurutnya tudingan itu merupakan serangan di tahun politik. Ia pun akan melakukan somasi kepada Kemenpora. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.