Senin, 29 November 21

Ribuan Umat Islam I’tikaf di Masjid Sunda Kelapa

Ribuan Umat Islam I’tikaf di Masjid Sunda Kelapa
* ilustrasi

Jakarta, Obsessionnews.com – Ribuan umat Islam memadati Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) untuk mengikuti i’tikaf Akbar, Sabtu dini hari (2/7/2016). Tak hanya memenuhi ruangan ibadah utama, jamaah juga memadati ruang selasar, ruang serbaguna, hingga lapangan di samping masjid.

Wakil Bendahara MASK, Sutrisno Muslim, memperkirakan jamaah yang datang sebanyak 6 ribu orang. Mereka datang dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

“Untuk jamaah yang hadir, panitia menyiapkan makan sahur sebanyak 6.920 boks. _Alhamdulullah_, konsumsi yang kami sediakan cukup. Semua dapat menikmati makan sahur berjamaah setelah pelaksanaan qiyamullail,” papar Sutrisno.

Menurutnya, sejak beberapa tahun terakhir, ribuan jamaah selalu hadir dalam pelaksanaan i’tikaf akbar yang dilaksanakan MASK. Rata-rata jamaah hadir sebanyak 5 ribu orang. Bahkan pernah mencapai 7 ribu orang. Mereka tetap bertahan hingga shalat Subuh berjamaah dan kuliah Subuh.

“Selama Ramadhan tahun ini panitia menyiapkan makanan untuk berbuka puasa maupun sahur. Pada malam pertama sampai malam kedua puluh, jumlah makanan untuk sahur sekitar 500 boks. Mulai malam ke-21 sampai malam akhir Ramadhan, panitia melaksanakan i’tikaf dan jumlah konsumsi ditambah hingga 2.000 boks,” ungkap Sutrisno.

Adapun pada malam ke-27 Ramadhan atau i’tikaf akbar ini, sambungnya, jumlah makanan untuk sahur ditingkatkan lagi menjadi sekitar 6.000 boks. Hal itu disesuaikan dengan perkiraan jamaah yang biasanya mencapai 6 ribu orang.

Pada i’tikaf akbar dini hari tadi, pelaksanaannya dipimpin secara bergantian oleh Syekh Essam Al-Megjazi dan Syekh Abdul Aziz Al-‘Arifi. Kemudian dilanjutkan dengan muhasabah oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Dr Nasaruddin Umar. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.