Jumat, 24 September 21

Ribuan Pengemudi Go-Jek Dapat Kemudahan Ikuti KPR BTN

Ribuan Pengemudi Go-Jek Dapat Kemudahan Ikuti KPR BTN
* Pengemudi Go-Jek mendapatkan kemudahan ikuti program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN bersubsidi

Jakarta, Obsessionnews.comPerumahan huni untuk rakyat kecil ternyata bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, PT Bank Tabungan Negara (BTN) dengan perusahaan Go-Jek telah menyepakati kerja sama untuk program pembiayaan rumah bagi para pengemudi Go-Jek.

Acara perjanjian kerja sama itu diselenggarakan pada Selasa (9/5/2017) yang lalu. Dari kerja sama tersebut, ribuan pengemudi Go-Jek akan mendapat kemudahan melalui pihak perusahaannya untuk membeli rumah melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi yang ditawarkaan oleh pihak BTN.

BTN pun telah membidik 200 ribu mitra layanan transporatasi daring itu, yakni Go-Jek untuk menjadi debitur KPR. Adapun potensi pembiayaannya diperkirakan mencapai diatas Rp 2,6 triliun.

Hal itu dilakukan melalui program Go-Jek Swadaya, di mana para mitra Go-Jek yang telah bekerja sama selama setahun bisa mengajukan KPR bersubsidi maupun KPR BTN Mikro.

Direktur Consumer BTN Handayani mengatakan, berharap 200 ribu mitra Go-Jek bisa dilayani dengan memberikan KPR subsidi maupun mikro, sehingga mereka bisa memiliki kehidupan yang lebih baik lagi.

Handayani memperkirakan, potensi penyaluran KPR dari program ini dapat mencapai diatas Rp 2,6 triliun, dengan asumsi program ini diikuti oleh 20 ribu mitra.

Secara rinci dia menjelaskan, melalui program KPR bersubsidi, mitra pengemudi Go-Jek bisa memiliki rumah dengan uang muka 1 persen dari harga rumah. Selain itu, suku bunga yang ditetapkan 5 persen dan berlaku tetap (flat) selama 20 tahun. Adapun maksimal harga rumah yang bisa dimiliki oleh pengemudi adalah Rp141 juta per unit. Tipe rumah mulai 26 sampai 31 dengan luas tanah 60 hingga 70 meter persegi.

Di samping itu, cicilan KPR pun dapat dilakukan secara harian sebesar Rp 42 ribu per hari. KPR tersebut juga dilindungi asuransi jika di kemudian hari debitur mengalami kendala dalam pembayaran cicilan. Ketika mereka nanti tidak melakukan pembayaran oleh sebab tertentu, misalnya tidak bekerja karena PHK maka bisa diajukan klaim asuransi.

Sementara itu, CEO Go-JEK Indonesia, Nadiem Anwar Makarim mengatakan, dengan konsep ownership, hanya membayar Rp 40 ribu-an sehari pengemudi GO-JEK sudah bisa memiliki rumah sekitar 70 meter persegi, dan itu bukan rumah kecil.

Sedangkan, KPR mikro diperuntukkan bagi renovasi rumah pekerja informal dengan nilai maksimal Rp75 juta per unit. Adapun jika ditengah jalan mitra Go-Jek beralih profesi atau meninggal dunia, pihaknya akan membantu menyesuaikan skema KPR debitur. Untuk KPR Mikro bunganya sedikit lebih tinggi dibandingkan KPR bersubsidi, yaitu 0,7 persen per bulan tetapi dengan jangka waktu 10 tahun.

Handayani mengungkapkan, pada tahap awal, BTN telah melakukan uji coba pemasaran terhadap 1600 mitra Go-Jek, di mana 972 mitra diantaranya dinyatakan memenuhi kriteria kelayakan debitur. Untuk menyukseskan program ini, BTN menggandeng lebih dari 12 pengembang dengan lokasi rumah di Bekasi, Tangerang, Bogor, Depok, Ciputat dan Cikarang.

Tahun ini, BTN menargetkan penyaluran KPR bersubsidi di kisaran Rp19 triliun atau tumbuh 23 persen dari tahun lalu. Sementara itu, penyaluran KPR Mikro diharapkan bisa mencapai Rp200 miliar.

Untuk penambahan informasi, BTN telah merilis program terbarunya, yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro. Apa sih itu KPR Mikro? KPR Mikro merupakan program kredit yang diperuntukkan bagi kelompok tertentu dengan penghasilan tidak tetap, semisal petani, nelayan, dan pedagang.

Jadi, kelompok penghasilan tidak tetap ini dengan menggunakan KPR Mikro bisa membangun rumah awal dengan fasilitas satu kamar tidur dan kamar mandi. Namun, ketika kelompok ini memiliki dana, bangunan tersebut bisa diperluas atau merupakan rumah tumbuh. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.