Senin, 23 September 19

Ribuan Karyawan Krakatau Steel Akhirnya Di-PHK

Ribuan Karyawan Krakatau Steel Akhirnya Di-PHK
* Demo karyawan Krakatau Steel menolak PHK. (Foto: Tribunnews)

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Krakatau Steel (KS) resmi melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ribuan karyawaanya. Keputusan tersebut bersamaan dengan berakhirnya masa kontrak karyawan pada akhir bulan ini.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Federasi Serikat Pekerja Baja Cilegon (FSPBC), Safrudin. Dia mengatakan, ada 2.683 pekerja dari sembilan vendor yang tidak akan dilanjutkan kontrak kerjanya. Hal itu berlaku mulai Agustus 2019.

“Mulai efektif 31 Agustus ini, sudah ada pengumuman langsung dari vendornya,” kata Safrudin saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (26/8/2019).

Menurut Safrudin, para pegawai yang diputus kontraknya meresa kecewa, mereka sudah berjuang selama dua bulan lebih namun malah berakhir dengan pemutusan kontrak. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mempertahankan pagawai. Namun tetap saja upaya itu tidak bisa dilakukan.

Dengan adany PHK itu, pegawai akhirnya harus menyepakati program restrukturisasi setelah Perjanjian Bersama (PB) antara sembilan vendor dan Pengurus Unit Kerja (PUK) FSPBC ditandatangani pada 15 Agustus 2019 lalu.

Tidak hanya kepada perusahaan, Safrudin mengatakan, pihaknya juga kecewa dengan pemerintah daerah (pemda) yang dinilai tidak ada upaya mencegah pemutusan kontrak tersebut.

“Sempat kecewa soal rekonstruksi ini, pemda tidak memperhatikan kita. Seharusnya pemda memperhatikan, minimal mencegah, menunda dan sebagainya,” kata dia.

 

Halaman Selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.