Rabu, 22 September 21

Ribuan Diecaster Padati ‘Indonesia Diecast Expo 2015’

Ribuan Diecaster Padati ‘Indonesia Diecast Expo 2015’

Jakarta, Obsessionnews – The 2nd Indonesia Diecast Expo 2015 (IDE 2015) resmi dibuka pada Sabtu (7/11), di Balai Kartini Jakarta oleh Letjen TNI (Purn) Suyono selaku Ketua Dewan Penasehat acara kumpul-kumpul diecaster terbesar di Indonesia ini dan ditutup pada Minggu (8/11), dengan total pengunjung kurang lebih sama dengan tahun lalu yaitu di atas 10.000 orang dan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Suyono, salah satu kolektor diecast dan mobil klasik yang tahun ini berusia 73 tahun, saat ini masih menjabat sebagai Ketua Volkswagen Indonesia, Ketua Volkswagen Asean, dan sesepuh di Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia serta Harley Davidson Club Indonesia.

Diecaster2

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada penyelenggaraan tahun ini hampir seluruh peserta, baik komunitas maupun kolektor lebih matang dalam mempersiapkan display koleksinya. Tak kurang dari empat diorama berskala besar ditampilkan di acara IDE 2015 oleh lima komunitas diecast.

Salah satunya adalah minatur kereta api dengan ukuran 8×4 meter. Miniatur kereta api yang ditampilkan di acara ini sudah mengadopsi teknologi Wifi sehingga laju kereta dapat dikendalikan melalui smartphone berbasis Android.

Diecaster3

Lelang Amal
Seperti tradisi IDE dari tahun ke tahun, IDE tahun ini juga menampilkan program lelang amal yang hasilnya akan didonasikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Dua set diecast yang menjadi bintang sesi amal dilukis oleh seniman Indonesia Fathur Rohim dengan tehnik handpainting.

Set pertama adalah tiga buah diecast yang dilukis dengan motif ukiran khas Borneo ini berhasil terjual dengan total senilai Rp 7.2 juta rupiah kepada seorang anggota Komunitas Toys and Model Collectors Indonesia (TOMOCI) Ahmad Zikri Fauzan.

Diecaster4

Pada hari kedua, set kedua terdiri dari dua unit diecast bermotif Barong berhasil terjual kepada 2 orang kolektor yaitu Feldani Effendy (sisi kanan) dan Lolaba (sisi kiri) dengan total senilai Rp7.610.000 juta. Sementara total uang yang terkumpul dari seluruh program lelang amal mencapai lebih dari Rp40 juta.

Seluruh hasil penjualan diecast yang dilelang di acara ini akan dibagi tiga dan disumbangkan ke 3 yayasan yaitu Panti Sosial Tresna Werdha Usada Mulia 5, Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Budi Bhakti, dan Yayasan Sahabat Veteran. 

Diecaster5

Acara lelang sendiri berlangsung sangat seru dan menegangkan karena masing-masing kolektor berjuang dengan ketat untuk memiliki diecast edisi terbatas tersebut disamping nilai sosial yang dikedepankan menjadi nilai tersendiri dari acara lelang tersebut.

Contohnya, satu proses lelang yang ketat terjadi pada saat melepas edisi khusus mobil Barong sisi kanan yang pemenangnya hanya perlu menambahkan uang Rp10.000 untuk berhasil membawa pulang diecast tersebut dengan total nilainya Rp4.010.000. (Ali)

Diecaster6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.