Sabtu, 20 April 24

RI Undang Wisatawan Saudi untuk Jelajahi Tujuan Wisata di Luar Bali

RI Undang Wisatawan Saudi untuk Jelajahi Tujuan Wisata di Luar Bali
* Menteri Sandiaga Uno promosikan pariwisata RI kepada Arab Saudi. (ArabNews)

Indonesia ingin menarik wisatawan Saudi dengan keajaiban alam dan budayanya di luar pulau liburan Bali, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kepada Arab News, karena strategi pasca-pandemi negara itu difokuskan pada kualitas dan keberlanjutan.

Indonesia menargetkan untuk menyambut 8,5 juta pengunjung asing pada tahun 2023 karena pulih dari jeda COVID-19 yang membuat sektor perhotelan penghasil devisa utama terhenti.

Meski angkanya masih sekitar setengah dari jumlah kedatangan yang tercatat pada 2019 — tepat sebelum wabah virus corona — pariwisata negara itu berorientasi pada kunjungan jangka panjang dan pelancong yang berkontribusi lebih banyak pada ekonomi lokal.

“Kami fokus pada pariwisata pasca-pandemi yang berkualitas dan berkelanjutan, di mana kami mengharapkan wisatawan untuk tinggal lebih lama dan memiliki pengeluaran yang jauh lebih besar,” kata Menteri Sandiaga Uno dalam wawancara dengan Arab News, Kamis (25/5/2023).

Data Kementerian Pariwisata menunjukkan tujuan tersebut sesuai dengan pola perjalanan pengunjung dari Arab Saudi.

“Kami melihat wisatawan dari wilayah Timur Tengah lebih fokus pada personalisasi, disesuaikan, dilokalkan (perjalanan),” kata Uno, menambahkan bahwa mereka juga mencari “permata tersembunyi di tujuan baru.”

Sebagian besar turis, juga dari negara-negara Arab, memilih Bali yang terkenal di dunia.

Pada tahun 2019, dari 16,1 juta orang yang datang ke Indonesia, 40 persennya telah pergi ke pulau yang pada tahun itu juga menyumbang lebih dari sepertiga devisa Indonesia yang diperoleh dari pariwisata.

Tetapi negara ini memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan baik dari segi budaya maupun alam dan satwa liar. Beberapa objek wisata di kepulauan tropis telah dipromosikan sebagai alternatif selain Bali dan untuk mengurangi ketergantungan pendapatan pariwisata pada pulau resor.

“Tujuan wisata super prioritas” ini termasuk Borobudur — candi Buddha terbesar di dunia, yang berasal dari abad ke-8 dan ke-9 dan terletak di Jawa Tengah — dan Labuan Bajo, sebuah pelabuhan di Pulau Flores, yang merupakan pintu gerbang ke pulau-pulau kecil itu. adalah rumah bagi komodo yang terkenal.

Ada pula Mandalika di Pulau Lombok, sebelah timur Bali, dan desa Likupang di ujung paling timur pulau Sulawesi yang terkenal dengan pantai berpasir, terumbu karang, tempat menyelam dan selancar.

“Kami percaya bahwa pantai dan teluk yang indah, pemandangan panorama, pegunungan hijau, sungai yang jernih, dan wisata olahraga ini akan disukai oleh (travelers) Timur Tengah,” kata Uno.

“Kami sangat ingin menawarkan ini kepada wisatawan dari Timur Tengah, khususnya Arab Saudi.”

Kerajaan Arab Saudi untuk adalah salah satu dari 20 pasar utama sektor pariwisata Indonesia, yang berharap dapat menarik setidaknya 60.000 pengunjung Saudi tahun ini.

Target itu kurang dari setengah angka 2019, ketika 157.000 warga Saudi berkunjung ke negara itu dan, menurut menteri, sangat rendah dibandingkan dengan potensinya.

“Kami sedang menyelaraskan promosi, kami pikir ada captive market untuk kami,” katanya.

Untuk merebut pasar Saudi, Indonesia melibatkan influencer dan berpartisipasi dalam pameran dagang pariwisata internasional seperti Arabian Travel Market dan Riyadh Travel Fair.

Ini juga meningkatkan konektivitas dan menteri menambahkan bahwa pembicaraan sedang dilakukan dengan maskapai penerbangan Saudi Saudia untuk meningkatkan jumlah penerbangan langsung antara kedua negara.

Sementara itu, dia berharap bisa melihat pengunjung baru segera setelah musim liburan panjang musim panas Arab Saudi akan dimulai bulan depan.

“Musim panas di Saudi dan Timur Tengah akan menjadi waktu terbaik untuk berkunjung,” kata Uno. “Sampai jumpa lagi di Indonesia yang indah.” (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.