Rabu, 27 Oktober 21

RI-Pakistan Tingkatkan Kerjasama Lawan Terorisme

RI-Pakistan Tingkatkan Kerjasama Lawan Terorisme
* Presiden Jokowi dan Presiden Pakistan Manoon Hussain.

Jakarta, Obsessionnews – Dalam pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Pakistan Manoon Hussain yang diadakan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa ke-5 Organisasi Kerjasama Islam  (KTT LB ke-5 OKI) menyepakati peningkatan kerjasama di berbagai bidang.

Presiden Jokowi berharap dapat meningkatkan kerjasama dengan Pakistan dalam rangka melawan ekstrimis dan terorisme. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama counter extremisme/ terorisme.

“Saya ingin ajak Yang Mulia untuk bergabung dengan Indonesia untuk terus menyuarakan pesan perdamaian dan toleransi,” kata Jokowi, Senin (7/3/2016)

Kedua kepala negara juga sepakat meningkatkan kerjasama ekonomi. Presiden RI menyambut baik peningkatan nilai perdagangan  bilateral Indonesia dan Pakistan senilai USD 2,1 milyar pada tahun 2015.  Namun, Presiden ingin ditingkatkan lagi karena masih di bawah potensi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi kembali menyampaikan harapan agar negara-negara Islam meningkatkan peranannya dalam proses perdamaian Palestina-Israel. Presiden Pakistan sepakat mengenai peranan yang lebih besar negara-negara Islam untuk membantu proses perdamaian.

Terkait situasi di Timur Tengah, Presiden Jokowi menyampaikan pandangan bahwa baik Indonesia maupun Pakistan memiliki kepentingan dalam menjadikan hubungan antara Arab Saudi dan Iran.

“Indonesia dan Pakistan dapat bekerjasama dalam memberikan kontribusi terhadap perdamaian Timur Tengah,” ujar Jokowi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.