Sabtu, 8 Oktober 22

RI Minta Bantuan 4 Negara Tangani Kebakaran Hutan

RI Minta Bantuan 4 Negara Tangani Kebakaran Hutan

Jakarta, Obsessionnews – Pemerintah Indonesia mendapat bantuan dari 4 negara asing untuk menangani kebakaran hutan dan lahan di sejumlah provinsi. Empat negara dimaksud yakni Singapura, Malaysia, Jepang dan Rusia.

“Kita kemarin sudah minta bantuan, dan dibantu dari Singapura, masih dalam proses, Rusia, Malaysia, Jepang,” kata Presiden Jokowi usai meninjau proyek MRT di Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Jokowi mengatakan bantuan yang diberikan Singapura berupa 3 unit pesawat, sedangkan bentuk bantuan dari tiga negara lain tidak disebutkan. Ia berharap dengan bantuan negara asing bisa mempercepat penanganan kebakaran hutan dan lahan.

‘Karena menangani (lahan) gambut berbeda dengan menangani kebakaran hutan biasa,” ujarnya.

Untuk upaya pemadaman, Pemerintah membutuhkan pesawat yang mempunyai daya mengangkut air 12 ton hingga15 ton. Sementara berbeda dengan pesawat yang dimiliki Indonesia yang hanya mempunyai daya angkut 2-3 ton.

“Dan itu gak nendang (efektif),” terang Presiden.

Usai meninjau proyek pengeboran terowongan MRT, Jokowi memutuskan terbang ke Jambi, Riau, Sumsel dan Sumbar untuk memantau secara langsung penanganan kebakaran hutan yang hingga kini masih menimbulkan asap pekat

“Kita ini memang baru konsentrasi, kemarin kita rapat pengerahan pasukan untuk masuk kesana, karena titik api, sangat merah sekali,” tandasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.