Minggu, 5 Desember 21

RI-Iran Teken Kerjasama Pengadaaan LPG 600.000 MT

RI-Iran Teken Kerjasama Pengadaaan LPG 600.000 MT

Jakarta, Obsessionnews– Dalam pengadaan pasokan liquified petrolium gas (LPG) sebesar 600.000 metrik ton, PT Pertamina (Persero) dan National Iranian Oil Company (NIOC) melakukan kerjasama yang disaksikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Selama menjalin pendekatan dengan Iran, Indonesia akhirnya berhasil melakukan kerjasama. Hal ini juga guna membantu sektor ekonomi dan energi yang strategis demi meningkatkan mutu ketahanan pasokan energi nasional.

Hal tersebut dikatakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Sudirman Said. Menurutnya kunjungannya ke Iran yang ketiga kali ini membuatnya gembira sebab hubungan ekonomi dan bisnis antara Indonesia dan Iran semakin dekat dan meningkat.

“Hari ini ada tonggak baru penandatangan kerja sama pasokan LPG dari NIOC ke Pertamina”, ungkap Sudirman dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Sementara itu Vice Presiden Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan penandatanganan antara Pertamina dan NIOC hari ini dalam bentuk head of agreement (HoA) jual beli LPG refrigerated dengan total volume mencapai 600.000 MT. Kesepakatan itu akan mulai efektif berjalan dengan target delivery perdana pada kuartal keempat 2016.

Untuk tahun ini dijadwalkan pengiriman dilakukan sebanyak dua kargo dengan kapasitas 88.000 metrik ton. Pada 2017 akan dikirimkan 12 kargo sehingga total volume mencapai 600.000 MT.

“Kesepakatan ini sangat strategis mengingat kebutuhan LPG di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun,” ucap Wianda. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.