Sabtu, 16 Oktober 21

Revolusi Mental Petani untuk Wujudkan Kedaulatan Pangan

Revolusi Mental Petani untuk Wujudkan Kedaulatan Pangan

Padang, Obsessionnews – Program pemerintah yang memberikan perhatian penuh di bidang pertanian untuk mewujudkan program ketahanan pangan nasional harus didukung. Salah satu upaya mewujudkan swasembada pangan dengan mengubah mindset atau pola pikir masyarakat dengan menjadikan pertanian sebagai budaya yang harus ditumbuhkan pada masyarakat. Melalui cara itu, maka program pertanian menuju kedaulatan pangan yang diluncurkan pemerintahan Jokowi bisa direalisasikan.

Alex Indra Lukman, Ketua DPD PDIP Sumatera Barat
Alex Indra Lukman, Ketua DPD PDIP Sumatera Barat

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung program pemerintah yang memberikan perhatian penuh di bidang pertanian. “PDIP akan melakukan revolusi mental para petani yang sudah tumbuh secara kultural menjadi mental terbuka dan berpikiran maju,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Barat (Sumbar) Alex Indra Lukman usai pembukaan Konferensi Daerah (Konferda) IV PDIP Sumbar, Rabu (11/3) malam.

Alex optimis, jika pemikiran petani terbuka, maka program pertanian menuju kedaulatan pangan yang diluncurkan pemerintahan Jokowi bisa direalisasikan.

Dalam Konferda IV PDIP Sumbar tersebut para peserta sepakat kembali memilih kembali Alex sebagai Ketua DPD PDIP Sumbar periode 2015-2020. Ia terpilih melalui mufakat. Alex mengatakan, ia akan bekerja keras untuk mengembalikan kejayaan PDIP di Sumbar.

Keberhasilan kepengurusan PDIP pada periode sebelumnya sudah terlihat. Kader PDIP yang berhasil duduk di DPR RI asal Sumbar bertambah dari periode sebelumnya. Saat ini dua kader PDIP Sumbar duduk di DPR.

Terkait calon gubernur Sumbar, Alex mengatakan, PDIP dalam mengusung calon gubernur memilih tidak berada dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH). PDIP saat ini tengah berkomunikasi dengan partai politik (parpol) untuk berkoalisi. Dalam waktu dekat koalisi akan dideklarasikan untuk mengusung calon gubernur Sumbar.

Menurut Alex, PDIP telah berkomunikasi dengan Hanura, PBB dan PKB. Selain itu PDIP juga sedang menjajaki koalisi dengan Partai Golkar. Apabila koalisi bersama Golkar terbentuk, syarat mengusung calon sudah maksimal, yaitu 20 kursi. Sementara jika minus Golkar, syarat mengusung baru 11 kursi dari 65 kursi di DPRD Sumbar. Meski demikian, PDIP akan tetap berupaya mendekati parpol, sehingga ideal mengusung pasangan calon gubernur. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.