Jumat, 26 April 24

Reuni 212, Monumen Peradaban Baru Demokrasi Indonesia

Reuni 212, Monumen Peradaban Baru Demokrasi Indonesia

Oleh: Agus Mualif Roehadi, Aktivis KAHMI Jatim

 

Sayup sayup, perlahan lahan, berita dan diskursus tentang REUNI 212 tahun 2018 ini akan menghilang dari ruang publik. Tapi pengaruh peristiwa reuni kolosal bahkan untuk ukuran dunia ini gelombang senyapnya akan selalu membayangi jalannya demokrasi dan penegakan keadilan di Indonesia.

Ukuran kolosalnya hanya bisa diperbandingkan dengan berkumpulnya jemaah haji di padang arafah. Banyak yang mencoba mengukur jumlahnya, ada yang dengan sengaja mengecilkan, ada yang membesarkan, tapi yang jelas tidak akan bisa diukur secara persis. Oleh karena itu paling mudah adalah diperbandingkan dengan berkumpulnya jemaah haji di arafah.

Tentu ini peristiwa sejarah demokrasi yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Banyak analisis sebelum hari H reuni 212 itu dengan prediksi jumlah massa reuni akan jauh menyusut, tapi ternyata semua analisis meleset. Analisis penyusutan itu dikemukakan dengan argumen bahwa isu yang diusung oleh reuni 212 tidak lagi fokus, ada banyak faksi dan banyak tujuan, ada tokoh yang mengundurkan diri, ada tokoh yang bergabung dengan penguasa, ada upaya pengkerdilan, ada upaya penghadangan dan tekanan psikologis, dan lain lain.

Meminjam istilih Rocky Gerung dalam acara ILC 4 Desember 2018, MOMEN gerakan 212 TAHUN 2016 telah berubah menjadi MONUMEN PERADABAN. Telah muncul sebuah peradaban baru demokrasi Indonesia yaitu munculnya forum kolosal tahunan menyampaikan pendapat secara tersirat maupun terungkap atas persepsi terhadap perilaku penguasa dan para pendukungnya yang menyimpang dari norma demokrasi dan keadilan berdasarkan penilaian atas beberapa peristiwa politik dan hukum yang melukai rasa keadilan. Forum kolosal ini diprediksi akan menjadi agenda tetap siapapun yang jadi penguasa negeri ini.

Forum kolosal yang diselenggarakan untuk menyuarakan dan mendesakkan rasa ketidak puasan atas penyelenggaran demokrasi dan keadilan yang dilakukan secara damai, cerdas dan beradab. Cerdas karena mampu memunculkan hikmah, bukan cerdik yang hanya mencari keuntungan.

Pada saat yang hampir bersamaan waktunya, monumen peradaban demokrasi baru ini diuji melalui perbandingan secara langsung dengan peristiwa unjuk rasa di negara yang telah lebih tua peradaban demokrasinya, di negara maju yang tingkat kesejahteraan dan pendidikan penduduknya jauh lebih tinggi dari penduduk Indonesia, yaitu unjuk rasa di Paris Perancis yang berlangsung rusuh, terjadi bentrok dengan aparat kemanan dan memunculkan penjarahan. Tentu tidak ada yang menperkirakan bahwa Allah telah menyediakan cermin untuk reuini 212 ini di negara yang jauh dari Indonesia yang peradaban demokrasinya tentu dianggap lebih maju.

Sebagian besar media cetak dan tulis nasional bahkan mencoba menenggelamkan peristiwa kolosal peradaban baru demokrasi ini dengan sama sekali tidak menampilkan liputannya, atau menampilkan dengan cara sangat mengecilkan dan melecehkannya melalui penampilan berita hamparan sampah.

Media media ini telah mengkhianati para wartawan dan jurnalisnya sendiri, bahkan telah mengkhianati fungsi media sebagai salah satu pilar demokrasi.

Tentu sah sah saja para pemilik media menjadikan media miliknya untuk kepentingan tujuan kekuasaan atau hanya sekedar tujuan bisnis saja. Tapi juga sah sah saja dan bagi siapa saja untuk memberitakan peristiwa itu dengan cara pandang masing masing melalui media sosial yang semakin canggih. Media elektronik dan cetak telah mempunyai pesaingnya sendiri. Justru dengan itu, sikap penguasa media hanya akan terlihat motifnya dan tidak akan mampu mengontrol gelombang reaksi baliknya karena tidak lagi dipercayai.

Penguasa bisa saja membangun perlawanan terhadap arus ketidak percayaan yang tertumpah melalui media sosial, tetapi gelombang senyap perlawanan melalui medsos tidak akan mengecil bahkan mempercepat besarnya arus ketidak percayaan itu. Pertempuran melalui media sosial menjadi tidak terelakkan dan mengambil alih fungsi media elektronik dan cetak.

Perlakuan kebanyakan media nasional terhadap pristiwa kolosal ini akan tercatat dalam sejarah pula sebagai media pengkhianat demokrasi yang sulit dihapuskan dalam benak masyarakat.

Dalam forum ILC tv one 4 Desember itu, muncul beberapa pernik yang menggambarkan sebagian monumen peradaban demokrasi baru ini.

Dengan kasat mata, ketika peneliti median mengungkapkan analis pengaruh 212 terhadap elektabilitas capres, secara bersamaan wajahnya yang sedang berbicara di shoot disandingkan dengan wajah peneliti LSI yang sebelumnya telah menyampaikan hasil surveynya. Air muka wajah peneliti LSI menjadi merah kuat dan terlihat tegang. Yaaaa secara gamblang yang dipresentasikan peneliti median seperti menguliti kedangkalan survey LSI.

Tentu saya yakin bahwa ilmu metodologi survey pasti sama sama telah dikuasai oleh semua lembaga survey. Pengetahuan tentang ilmu metodolgi survey pasti sama, tapi mengaplikasikannya yang berbeda. Perbedaan yang jika dirunut pasti karena adanya perbedaan kepentingan yang berujung dari sumber dana.

Banyak yang telah mengemukakan pendapat bahwa banyak lembaga survey termasuk LSI telah melacurkan metode survey opini publik yang dengan susah payah telah diramu sedemikian rupa oleh penemunya. Oleh karena itu telah terjadi pengkhianatan atas metode ilmiah, pengkhianatan terhadap tujuan ditemukannya metode ilmiah, telah terjadi pelacuran metodologi ilmiah survey opini publik.

Tentu predikat pelacur ilmiah itu akan hilang jika Lembaga survey menjelaskan sumberdananya sebagaimana lazimnya survey apapun yang tujuannya tentu sesuai dengan tujuan penyandang dana survey. Di negara maju, sudah jamak jika lembaga yang melakukan survey opini publik terlebih dahulu mengumumkan sumber dananya sebelum menyampaikan hasil surveynya.

Sikap lembaga survey seperti LSI yang telah bergeser dari tujuan murni metodologi survey ini, jika mau mengungkapakan sumber dananya, maka penilaiannya akan berubah menjadi seperti penilaian terhadap sikap para cendekiawan, ulama atau tokoh ormas yang menggeser sikapnya dari kecendekiaan menjadi sikap politik. Sah-sah saja, tentu dengan sadar mengambil resiko atas perubahan dari sikap yang dinilai berpredikat cendekiawanan atau keulamaan atau ketokohan publik menjadi predikat politisi. Namanya politisi pasti berpihak. Mereka yang seperti ini telah melepas status kecendekiawanan atau keulamaannya menjadi politisi.

Dalam reuni 212 juga banyak berkibar warna warni bendera tauhid. Bendera milik umat Islam di seluruh dunia yang telah distigmakan secara salah seolah menjadi bendera kaum pembawa kekerasan dengan mengatas namakan Islam. Bendera tauhid telah dibakar oleh oknum ormas yang dilindungi oleh pemimpin ormasnya namun karena ada protes yang luas sehingga menggerakkan kabinet mengumpulkan ormas ormas Islam untuk meluruskan pemahaman tentang bendera tauhid. Namun kesepakatan pemahaman itu kemudian di cederai lagi oleh proses pengadilan yang tidak serius terbukti menghasilkan putusan hukum yang aneh sehingga menambah luka rasa keadilan. Tentu tidak bisa dihindari jika kemudian ada penilian bahwa kesepakatan pemahaman itu hanya peredam situasi dan tidak substansial terhadap peristiwa pembakaran bendera tauhid. Tentu juga tidak bisa dihindari pula apabila ada penilaian bahwa hukuman yang dijatuhkan di duga telah dipesan oleh pihak penguasa.

Dalam reuni itu telah dilakukan pelurusan secara kolosal atas penggunaan bendera tauhid bahwa bendera itu sebenarnya dan sesuai sejarahnya adalah bertujuan untuk menciptakan kedamaian dan keadilan.

Dalam acara ILC itu, Aa Gym secara tersirat telah mengungkapkan mengapa para tokoh gerakan 212 awal, seperti dirinya, Bachtiar Nasir, Arifin Ilham, Abdul Somad dan lai lain tidak hadir. Intinya adalah untuk menguji reuni 212 sebagai reuni dari suara hati dan pikiran yang terluka oleh ketidak adilan dan sitgmasi yang masif terhadap umat Islam sebagai kaum radikal, pembawa kekerasan, intolerans, anti Pancasila, anti NKRI.

Mereka yang hadir di Monas yang meluber ke banyak jalan dilingkup area yang sangat luas itu telah menunjukkan secara gamblang bahwa kehadirannya bukan karena para tokoh ulama atau mau mendengarkan orasi para ulama. Sangat sedikit dari mereka yang hadir itu yang dapat nendengarkan orasi dari panggung. Mereka hadir dengan penuh kedamaian, tidak ada suara yang meneriakkan suara kekerasan, tidak ada pengrusakan sedikitpun. Ketika acara usai mereka dengan cepat lenyap dengan meninggalkan tempat yang bersih seakan sebelumnya tidak ada peristiwa yang tentu membawa bertonton bungkusan dan kemasan bekas. Sebuah pertunjukan peradaban tinggi. Sebuah pertunjukan kolosal protes terhadap ketimpangan keadilan yang diutarakan secara kolosal, santun, damai, mengayomi, melindungi dan jauh dari apa yang telah dituduhkan atau difitnahkan secara masif dan terus menerus di tikamkan kepada umat Islam yang telah berjasa besar atas kemerdekaan negara bangsa, ikut menjaga keutuhan negara dan tidak mungkin bertujuan menghancurkan atau memecah negara bangsa.

Jika ada anggapan bahwa dalam peristiwa kolosal itu ada muatan politik dukungan pilpres, itu juga suatu hal yang tidak mungkin dihindari karena sebab yang jelas.

Penguasa telah membangun koalisi kekuasaan dan membuat undang undang presidensial treshold yang menyebabkan pengerucutan calon presiden hanya menjadi dua calon, bahkan bisa mengarah ke calon tunggal apabila tidak ada yang berani mengambil resiko kalah dengan pengurbanan materi dan dana yang besar.

Tidak ada pilihan lain untuk menyuarakan rasa keadilan yang telah dibaikan, diremehkan bahkan dianggap sampah oleh suatu media, agar dapat masuk ke dalam saluran politik kecuali melalui satu satunya calon yang menjadi lawan petahana.

Bagi yang hadir, memilih itu tidak ada perhitungan kalah dan menang.

Aa Gym telah menyampaikan bahwa yang terpilih itu hanya akan terjadi karena taqdir Allah, tidak akan ada yang bisa merekayasa. Taqdir itu akan menciptakan sendiri jalannya keterpilihan.

Al – Qur’an banyak meriwayatkan perilaku manusia. Orang yang paling zalim pun bisa ditaqdirkan jadi penguasa yang itu menjadi cobaan bagi kaum yang beriman. Sejarah dalam Al – Qur’an memberikan banyak pelajaran kepada manusia tentang perilaku manusia dan akibat yang ditanggungnya.

Menang dan kalah bukan persoalan utamanya. Manusia telah dibekali akal dan kecerdsan untuk memilih jalan yang sudah ada petunjuknya dalam Al – Qur’an. Jangan menjadi orang, atau jangan menjadi teman atau sahabat dari orang orang fasik, zalim dan orang orang yang tertutup hatinya dari kebenaran. Hidup manusia juga selalu dicoba dengan berbagai ujian. Setiap orang akan menerima amal perbuatannya sendiri sendiri. Itulah uniknya sunnatullah manusia yang ditunjukkan oleh Al – Qur’an.

end
amr05122018

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.