Minggu, 5 Februari 23

Respons Donald Trump Atas Serangan Rudal Iran

Respons Donald Trump Atas Serangan Rudal Iran
* Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: Twitter Donald Trump)

Jakarta, Obsessionnews.com – Iran melakukan aski balas dendam atas kematian komandan perang Iran Jenderal Qasem Soleimani. Puluhan rudal Iran ditembakan ke pengakalan perang Amerika Serikat di Irak. Apa respons Presiden Amerika Donald Trump atas insiden tersebut.

Trump tampaknya tenang menghadapi serangan rudal Iran. Ia menyatakan semuanya dalam keadaan baik. Trump juga menyatakan bahwa penaksiran korban dan kerusakan akibat serangan rudal Iran, masih berlangsung.

“All is well! Rudal-rudal diluncurkan dari Iran terhadap dua pangkalan militer yang berlokasi di Irak,” tulis Trump dalam komentarnya via Twitter, seperti dilansir AFP, Rabu (8/1/2020).

“Penaksiran jumlah korban jiwa dan besarnya kerusakan sedang dilakukan sekarang. Sejauh ini, begitu baik! Kita memiliki militer paling kuat dan paling dipersenjatai di dunia, sejauh ini!” tegas Trump dalam pernyataannya.

Trump belum mau memberikan pernyataan resmi. Ia akan menyampaikan pernyataan sikap keesokan harinya. “Saya akan memberikan pernyataan besok pagi,” imbuh Trump merujuk pada Rabu (8/1) pagi waktu AS.

Iran dalam pernyataannya menegaskan bahwa ‘puluhan rudal’ diluncurkan terhadap target pangkalan udara Ain al-Asad di Irak, yang menjadi markas tentara AS sebagai balasan atas serangan drone AS yang menewaskan Mayor Jenderal Qasem Soleimani.

Iran juga menjanjikan bahwa ‘respons yang lebih menghancurkan’ akan diberikan jika AS melancarkan serangan lebih lanjut. Karakter Iran memang tidak mau menyerang jika tidak diserang lebih dulu oleh musuh.

Secara terpisah, Pentagon atau Departemen Pertahanan AS menyatakan besarnya kerusakan akibat serangan rudal Iran masih dalam proses penaksiran. “Kami masih melakukan penaksiran kerusakan awal akibat serangan,” sebut Pentagon dalam pernyataannya.

“Jelas bahwa rudal-rudal ini diluncurkan dari Iran dan menargetkan sedikitnya dua pangkalan militer Irak yang menjadi markas militer AS dan personel koalisi,” tegas Pentagon dalam pernyataannya, merujuk pada pangkalan militer Ain al-Asad dan Arbil.

Sejauh ini, sebut Pentagon, belum ada laporan korban jiwa akibat serangan rudal Iran tersebut. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.