Senin, 26 September 22

Resmikan Museum Paviliun 5 Akmil, SBY Kenang Kisah Roti

Resmikan Museum Paviliun 5 Akmil, SBY Kenang Kisah Roti

Magelang – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenang kisah lamanya saat dirinya masih duduk sebagai taruna Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah pada tahun 1973. Sebuah meja belajar yang dulu pernah dipakai ternyata masih tersimpan rapi di Museum Paviliun 5.

Museum Paviliun 5 yang berlokasi di Kompleks Akmil menyimpan koleksi sejumlah perlengkapan yang pernah digunakan SBY. Saat lirik matanya melihat meja belajar lamanya, SBY mengisahkan kalau meja itu sangat sulit digunakan untuk menyimpan roti.

“Kalau ketahuan pengawas ada roti berat juga hukumannya. Kalau saya dulu jarang, yang sering pak Syamsul Maarif (Kepala BNPB),” ujar presiden usai meresmikan Museum tersebut di Bukit Tidar, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (17/10/2014).

Dalam paviliun tersebut juga tampak buku-buku dan serangkaian furniture masa lalu ketika ia menjadi taruna di akademi tersebut. Juga terdapat foto-foto SBY serta berbagai memoribilia saat di Akmil. SBY adalah alumnus Akmil tahun 1973 dan pernah menjabat Komandan Divisi Korps Taruna.

Di hari-hari menjelang lengser, SBY melakukan safari ke beberapa tempat yang dianggap sangat bersejarah baginya. Hari ini SBY bertemu sambil berama tamah dengan para taruna dari berbagai kesatuan di Akmil. Sehari sebelumnya kepala negara juga mengunjungi korem 072/Pamungkas di Yogyakarta. (Has)

 

Related posts