Jumat, 26 April 24

Renovasi Beberapa Stadion GBK Mulai Januari 2017

Renovasi Beberapa Stadion GBK Mulai Januari 2017
* MoU Kementerian PU-PR dan kontraktor

jakarta, Obsessionnews.com- Renovasi Gelora Bung Karno yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) melalui Direktorat Jendral Cipta Karya, dilakukan penandatangannya pada Senin (15/8/2016) di Kantor Kementerian PU-PR, Jakarta.

Empat paket konstruksi rancang dan bangun (design and build) untuk rehab dan pembangunan di GBK dan 5 paket konsultan manajemen konstruksi, senilai Rp 1,2 triliun ditamdatangani oleh Kementerian dengan BUMN/swasta.

Disaksikan Menteri PU-PR, Basuki Hadimulyono, dan Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot Dewabroto, MoU renovasi Stadion Utama GBK ditandatangani dengan kontraktor PT Adi Karya senilai Rp 769,6 miliar, renovasi stadion renang dengan Waskita Karya dengan nilai proyek Rp 274, 6 miliar.

Kemudian renovasi stadion hoki, panahan, dan lapangan latihan sepakbola A/B/C dengan nilai kontrak Rp 95,5 miliar oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama.

Sementara PT Brantas Adipraya akan mengerjakan renovasi Stadion Tennis Indoor, dan Tenis Outdoor Centercourt, dengan nilai Rp 92,8 miliar.

Lima paket kegiatan konsultasi konstruksi, menyangkut penataan kawasan GBK dan Wisma Atlet Kemayoran, oleh PT Virama Karya dengan  nilai Rp 5,8 miliar, dan manajemen konstruksi Stadion Utama GBK oleh PT Deta Decon dengan nilai kontrak Rp 9,5 miliar.

Lalu manajemen konstruksi stadion renang oleh PT Sangkuriang dengan nilai kontrak Rp 4 miliar. Selanjutnya manajemen konstruksi lapangan hoki, panahan dan lapangan latihan sepakbola A,B,C senilai Rp 1,7 miliar, oleh PT Artefak Arkindo.

Yang terakhir, konsultasi manajemen konstruksi untuk proyek stadion tenis Indoor, tennis outdoor dengan kontraktor PT Arkitek Tim Empat, nilainya Rp 1,7 miliar.

Kementerian PU-PR melalui Ditjen Cipta secara keseluruhan akan mengalokasikan dana sebesar Rp 2,8 triliun.

Keseluruhannya adalah 10 proyek fisik, 10 proyek konsultasi manajemen, dan 2 proyek penataan kawasan GBK. Pendanaan dilakukan secara multiyears pada 2016 dan 2017.

Rencananya proyek ini akan dimulai dengan pembukaan kawasan dalam kawasan GBK juga melalui desain. November besok diharap sudah selesai, agar Januari 2017 sudah bisa dimulai proyeknya.

Pada Oktober 2017, renovasi diharapkan selesai. Asian Games berlangsung Agustus 2018 mendatang, rencananya di Jakarta dan Palembang.  @baronpskd

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.