Kamis, 25 April 24

Refly Harun: Seorang Moralis Seperti Yudi Latief Tak Akan Betah di BPIP

Refly Harun: Seorang Moralis Seperti Yudi Latief Tak Akan Betah di BPIP
* Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun.

Jakarta, Obsessionnews.com – Kabar mundurnya Yudi Latief sebagai Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) mendapat tanggapan dari Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. Ia mengaku tidak heran dengan keputusan Yudi Latif yang memilih mundur dari posisinya di BPIP.

“Yudi Latief mundur? Saya tidak kaget. Seorang moralis seperti dia tak akan betah berlama-lama di suatu lembaga semacam BPIP,” kata Refly melalui cuitannya di akun twitter @ReflyHz Jumat (8/6/2018).

Refly menilai BPIP saat ini tidak terlalu dibutuhkan untuk menjaga eksistesi ideologi negara. Bagi Refly Pancasila harus hidup dari masyarakat atau dari bawah. Bukan dengan cara dari atas ke bawah atau dari pemerintah ke masyarakat.

Peran negara untuk menajga ideologi Pancasila menurut Refly cukup dengan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. “Bagi saya sendiri (BPIP) memang tak dibutuhkan. Pancasila harus hidup dari masyarakat secara bottom up, tidak top down dari negara. Negara cukup memberi contoh baik. Salut Yudi,” tulis Refly.

Sebelumnya diberitakan Yudi Latif mengumumkan pemunduran dirinya dari jabatan sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Yudi beralasan dirinya mundur agar adanya penyegaran kepemimpinan baru di BPIP.

“Saya merasa, perlu ada pemimpin-pemimpin baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Harus ada daun-daun yang gugur demi memberi kesempatan bagi tunas-tunas baru untuk bangkit. Sekarang, manakala proses transisi kelembagaan menuju BPIP hampir tuntas, adalah momen yang tepat untuk penyegaran kepemimpinan,” kata Yudi melalui keterangan tertulis yang dimuat di laman resmi Kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jumat (8/6).

Yudi diketahui adalah pejabat Kepala BPIP sejak lembaga tersebut masih bernama Unit Kerja Presiden -Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) sejak 7 Juni 2017. UKP-PIP kemudian bertransformasi menjadi BPIP sejak 28 Februari 2018 ini. Yudi memundurkan diri terhitung sejak Kamis (7/6) tepat setahun sejak dirinya dilantik menjadi Kepala BPIP. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.