Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Realisasi Pertumbuhan Ekonomi 2018 Terjaga di Level 5,51 Persen

Realisasi Pertumbuhan Ekonomi 2018 Terjaga di Level 5,51 Persen
* Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers 'APBN Kita' di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (2/12/2019). (Foto: Twitter @KemenkeuRI)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, realisasi pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,15 persen. Kondisi ini masih bertahan tipis dari prediksi sebelumnya yang diperkirakan mencapai 5,17 persen.

“Kita perkirakan di akhir 2018 ini, 5,15 persen ini sedikit revisi dari 5,17 persen. Karena, gejolak mulai terasa pada kuartal terakhir,” kata Ani, panggilan Sri Mulyani, dalam konferensi pers ‘APBN Kita’ di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (2/12/2019).

Ia menegaskan, kinerja ekonomi Indonesia masih tetap tumbuh terjaga di atas lima persen dan meningkat setiap tahunnya. Realisasi ini juga diakui, masih di bawah asumsi APBN 2018, yang ditetapkan sebesar 5,4 persen.

Pertumbuhan ekonomi yang belum mencapai asumsi APBN 2018 ini, kata dia, terjadi lantaran gejolak ketidakpastian global yang meningkat. Khususnya, permintaan ekonomi secara global yang direvisi.

“Kedua, harga komoditas dan volatilitasnya yang cenderung melemah pada kuartal terakhir,” kata dia.

Ia menerangkan, gejolak global yang terjadi pada 2018, juga disebabkan oleh kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat, The Fed yang menaikkan suku bunga hingga tensi perang dagang AS-China.

Hal itu lanjut Ani, terlihat pada permintaan ekonomi global yang menurun dan semakin banyaknya arus modal yang masuk ke AS.

“Capital Flow volatility ini pengaruhnya kepada investasi dan akan muncul di capital market,” katanya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.