Minggu, 20 Oktober 19

Realisasi Investasi Semester I Rp 222,8 T

Realisasi Investasi  Semester I Rp 222,8 T

Jakarta – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan realisasi investasi pada periode semester pertama tahun ini mencapai Rp222,8 triliun atau mengalami peningkatan 15,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Realisasi di semester pertama (Januari-Juni) 2014 ini terdiri dari  investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp72,8 triliun atau 32,7% dari total investasi dan realisasi investasi dari penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp150 triliun atau 67,3% dari total investasi,” ujar Kepala BKPM, Mahendra Siregar.

Sementara itu, dia merincikan, untuk realisasi investasi kuartal II-2014 ini mencapai Rp116,2 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 16,4% bila dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Jumlah realisaai investasi di kuartal kedua ini, untuk investaai PMDN sebesar Rp38,2 triliun atau 32,9% dari total investasi. Sementara investasi PMA sebesar Rp78 triliun atau 67,1% dari total investasi.

“Jadi realisasi investasi di triwulan pertama tahun 2014 ini kembali mencetak rekor tertinggi dengan peningkatan sebesar 16,2 persen dibanding triwulan yang sama tahun lalu menjadi sebesar Rp116,2 triliun,” kata Mahendra dalam konferensi pers Realisasi Investasi Triwulan II-2014 di kantor BKPM, Jakarta, Kamis (24/7).

Lebih lanjut Mahendra menyatakan, jika melihat realisasi investasi yang terus meningkat dibandingkan periode-periode sebelumnya, maka diperkirakan investasi ini akan dapat terus ditingkatkan pada waktu mendatang. Dan sebaran lokasi proyek pada realisasi investasi di kuartal kedua ini terbesar masih di Pulau Jawa sebesar Rp69,1 triliun atau 59,5% dan di luar Jawa sebesar Rp47,1 triliun atau 49,5%.

“Pertumbuhan realisasi investasi pada tahun ini terjaga baik di tengah-tengah periode pemilu dan pilpres, bahkan mencapai rekor tertinggi. Kondisi ini menunjukkan tingkat kepercayaan yang baik terhadap stabilitas ekonomi dan politik Indonesia,” tuturnya.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.