Kamis, 25 April 24

Rayakan HUT ke-48 PDI Perjuangan, Megawati Perintahkan Kadernya Bersih Sungai

Rayakan HUT ke-48 PDI Perjuangan, Megawati Perintahkan Kadernya Bersih Sungai
* Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di acara perayaan HUT Ke-48 PDI Perjuangan melalui video telekonfensinya, Minggu (10/1/2021). (Foto: layar tangkap/Kapoy)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meresmikan Gerakan Membersihkan Sungai, Minggu (10/1/2021).

Dalam kesempatan itu, perempuan yang akrab disapa Megawati ini memerintahkan kadernya di seluruh daerah untuk membersihkan sungai yang ada di tempatnya masing-masing.

“Saya berharap, agar di setiap daerah, seluruh kader struktural partai, eksekutif partai, dan legislatif partai juga melakukan hal yang sama,” kata Megawati dalam video telekonfensinya.

Dia mengatakan, kegiatan ini bertepatan dengan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia dan juga bagian dari rangkaian perayaan HUT Ke-48 PDI Perjuangan.

Presiden Kelima RI itu mengaku memang sejak kecil selalu diajarkan untuk mencintai dan menjaga seluruh alam raya dan seisinya. Hal itu harus dilakukan untuk masa depan anak cucu bangsa.

“Oleh Bung Karno, sejak kecil, saya diajarkan sebuah prinsip tat twam asi, bahasa Sanskerta yang artinya aku adalah kamu, kamu adalah aku,” ucapnya.

Menurut Megawati, nilai ini sangat penting, tidak hanya dalam mengatur hubungan antarsesama, tetapi juga bagaimana memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan. “Bahasa Jawanya, mewayu hayuning bawana,” tambahnya.

Megawati melanjutkan, semua keindahan tanah air dan keanekaragaman flora dan fauna Indonesia yang kaya seharusnya dijaga. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki kesadaran terhadap lingkungan.

Atas dasar itu, Megawati memilih rangkaian kegiatan HUT dilakukan dengan penghijauan. Di mana semua kader partai bersama masyarakat menggerakkan diri terlibat di dalamnya.

“Pilihlah sungai di setiap daerahmu, hijaukan sungai tersebut dari hulu ke hilir. Dengan penghijauan maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan,” kata Megawati.

Sebab, lanjut Megawati, mata air adalah sumber kehidupan. “Dari sungai, mengalirlah air kehidupan yang sangat berguna bagi umat manusia, khususnya bagi pertanian, perikanan, juga kehidupan flora-fauna yang ada di seluruh dunia ini,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.