Senin, 28 November 22

Rayakan Hari Jadi ke-5, Mexolie Hotel Kebumen Eksplor Menu Baru Berbahan Dasar Kelapa

Rayakan Hari Jadi ke-5,  Mexolie Hotel Kebumen Eksplor Menu Baru Berbahan Dasar Kelapa
* Mexolie Hotel menyelenggarakan Chef Showdown dengan menghadirkan bahan dasar kelapa.

Obsessionnews.com – Mexolie Hotel Kebumen kini sudah masuk usia 5 tahun, di hari jadinya yang masih sangat dini, Mexolie Hotel sudah mampu menujukan perkembangan yang pesat. Hotel ini bahkan menjadi hotel terlaris di Kebumen.

Pada perayaan ulang tahun tersebut, Mexolie Hotel Kebumen yang berada di bawah manajemen Liberta Hotel International (LHI) selaku Hotel Operator dan Manajemen, menghadirkan rangkaian acara menarik berupa Chef Showdown untuk para chef di seluruh unit hotel yang dikelola LHI.

Selain itu, dalam rangkaian acara ini juga diselenggarakan Program CSR berupa donor darah dan santunan kepada anak-anak di panti asuhan.

Acara seremoni perayaan ulang tahun Mexolie Hotel Kebumen turut dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, serta jajaran Forkompimda, segenap manajemen hotel dan tamu undangan lain.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto turut menghadiri perayaan Hari Jadi Mexolie Hotel Kebumen yang ke V

Niken Prawesti selaku CEO Liberta Hotel International (LHI) menyatakan bahwa selain memiliki historical yang tinggi, Mexolie Hotel juga merupakan salah satu situs sejarah yang eksotis.

“Dalam mengelola dan mengembangkan Mexolie Hotel, kami tetap dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat, terutama para penikmat kuliner dan pecinta sejarah untuk menyelami lebih dalam nilai sejarah yang ada di kawasan Mexolie Hotel,” jelas Niken.

Aditya Witantra (Tantra) selaku Direktur Utama Bumen Alam Indah (Mexolie Hotel) mengungkapkan bahwa sejarah dari Mexolie sendiri tidak lepas dari kelapa.

“Untuk memetik esensial nilai sejarah yang ada di Kawasan Mexolie yang dulunya merupakan pabrik minyak kelapa, Mexolie Hotel kemudian mengembangkan kelapa sebagai signature ingredient yang digunakan di menu-menu FnB-nya,” tambah Tantra.

Karena itu, untuk menyemarakkan hari jadinya yang kelima, LHI dan Mexolie Hotel menyelenggarakan Chef Showdown, di mana para chef dari setiap unit hotel yang dikelola LHI ditantang untuk mengeksplor kemampuan dan kreativitasnya untuk mengolah kelapa yang merupakan signature ingredient Mexolie Hotel.



Nantinya, hidangan terpilih akan tersedia di semua properti yang dikelola oleh LHI yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia

“Dengan diselenggarakannya acara ini, kami berharap dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lokal maupun di luar Kebumen yang menyukai kuliner dan sejarah untuk bisa turut serta mengeksplorasi Mexolie dan bahkan tempat wisata lain yang ada di Kebumen. Karena kamipun melihat, kota ini memiliki potensi wisata yang sangat baik bagi para wisatawan,” tutup Niken.

Niken menambahkan, bahwa ke depan Mexolie Hotel Kebumen akan terus melengkapi semua fasilitas yang ada, agar Hotel kebanggaan masyarakat Kebumen ini mampu bertransformasi menjadi hotel bintang 5. “Di usia yang ke lima ini, harapannya ke depan Mexolie Hotel Kebumen bisa naik kelas jadi bintang 5, seiring dengan kemajuan Kebumen.”

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyambut baik dengan adanya Mexolie Hotel. Pemerintah kata dia, membutuhkan sebuah tempat penginapan yang nyaman untuk masyarakat luar yang datang ke Kebumen. Seperti halnya kota-kota besar, Kebumen membutuhkan hotel-hotel berkelas.

“Semakin banyak hotel di Kebumen, maka kabupaten bisa semakin maju. Ada daya tawar di sini, sehingga orang mau berkunjung ke Kebumen. Kolaborasi menjadi penting, kita buat Kebumen menjadi kabupaten yang layak di kunjungi, dan sejalan dengan itu, kita sudah punya banyak penginapan yang layak dengan hadirnya hotel berkelas seperti Mexolie,” ucap Bupati.

Diiketahui, Mexolie Hotel Kebumen memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Kawasan ini dulunya merupakan kerajaan besar yang menjadi pusat pemerintahan Jawa Tengah bagian Selatan yang bernama Kerajaan Panjer Nagari.

Kemudian pada era berikutnya, kawasan ini menjadi pabrik minyak kelapa terbesar di Nusantara yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1851 dengan nama Mexolie (N.V. Maatschappij tot Exploitatie van Olie-fabrik) yang juga dijadikan pusat pemerintahan pada waktu itu.

Setelah Kemerdekaan, bangunan tersebut dinasionalisasi menjadi Pabrik Minyak Kelapa Sari Nabati yang telah menjadi aset bangsa Indonesia. Oleh karena itu, di Mexolie Hotel masih terdapat bangunan arsitektur era kolonial yang dilestarikan sampai sekarang.

Liberta Hotel International (LHI) sebagai Hotel Operator dan Manajemen yang kini mengelola dan mengembangkan Mexolie Hotel turut mengusung konsep Lifestyle Hospitality. Di mana LHI dapat menjawab kebutuhan dan gaya hidup masyarakat masa kini yang memiliki interest dan passion yang berbeda-beda melalui platform #IamLibertan. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.