Sabtu, 25 September 21

Rawan Kecelakaan, Tol Cipali akan Dipasang Pita Kejut

Rawan Kecelakaan, Tol Cipali akan Dipasang Pita Kejut

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono telah merencanakan memasang pita kejut di beberapa titik di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan seperti yang terjadi belakangan ini.

“Jadi kalau saran-saran dari pak Kakorlantas, satu, pita kejut kita akan pakai betul dan pasang,” ujar Basuki di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Pita kejut adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk membuat pengemudi lebih meningkatkan kewaspadaan menjelang suatu bahaya. Pita ini berupa bagian jalan yang sengaja dibuat tidak rata dengan menempatkan pita-pita setebal 10 sampai 40 mm melintang jalan pada jarak yang berdekatan, sehingga bila mobil yang melaluinya akan diingatkan oleh getaran dan suara yang ditimbulkan bila dilalui oleh ban kendaraan.

Selain itu, kata Basuki, dia juga akan menambah fasilitas lain seperti penerangan dan rambu lampu. Menurut dia kecelakaan terjadi disebabkan beberapa faktor, diantaranya yaitu kurangnya prasarana pendukung, rekayasa, dan perilaku pengendara.

“Ya yang minimal sudah siap. Cuman ini karena panjang jadi dirasakan masih ada kurang-kurang untuk bisa ditambahin,” katanya.

Meski demikian, Basuki memastikan Jalan Tol Cipali sudah laik operasi, misalnya sudah dilengkapi mobil derek, ambulance, serta rumah sakit rujukan. “Kalau laik fungsi itu belum lengkap betul tapi karena darurat jadi difungsikan. Kalau ini sudah laik operasi. Jadi semua sudah lengkap,” jelas dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.