Sabtu, 29 Januari 22

Ratusan Penumpang Mudik Gratis Terlantar

Ratusan Penumpang Mudik Gratis Terlantar

Surabaya, Obsessionnews – Sebanyak 282 penumpang kapal KM Darlin Isabel tujuan kepulauan Masalembo, Sumenep terlantar di Terminal Penumpang Sementara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (15/7/2015). Lantaran kapal mudik gratis Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jatim ini ditunda keberangkatannya sejak Senin (13/7/2015) lalu, akibat ombak besar mencapai 5 meter.

Para calon penumpang kapal resah, karena mereka sudah 3 hari bermalam di ruang tunggu terminal penumpang. Sebagian penumpang dengan tujuan Masalembo ini kesal, karena kehabisan bekal untuk biaya hidup di pelabuhan.

Kapal dengan bobot 750 gross tonnage (GT) tersebut melayani penumpang mudik gratis ke Pulau paling timur di Kabupaten Sumenep itu menunda keberangkatannya karena ada himbauan dari Syahbandar Pelabuhan Utama Tanjung Perak, agar supaya pelayaran ke pulau Masalembo di tunda akibat ombak besar.

Ahmad Hidayat, salah seorang penumpang kapal dengan tujuan pulau Masalembo merasa kecewa dengan adanya himbauan dari Syahbandar Pelabuhan Utama Tanjung Perak itu. “Informasi dari nelayan setempat, bahwa ketinggian ombak 3 meter. Kami sudah biasa dengan perjalanan ombak tinggi,” keluh Hidayat kepada wartawan, Rabu (15/7/2015).

Hidayat mengharapkan bantuan pemerintah untuk mendatangkan kapal besar agar calon penumpang tujuan pulau Masalembo yang sudah berhari-hari terlantar di pelabuhan Tanjung Perak untuk segera diberangkatkan.

“Kenapa kapal perang TNI AL bisa digunakan untuk mudik gratis? Sedangkan, kami disini harus menunggu kepastian cuaca, lantaran kapal yang digunakan tertahan di pelabuhan Masalembo,” tegasnya.

Data Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak menyebutkan untuk perairan kepulauan Sumenep, ketinggian ombak berkisar 4-5 meter dengan kecepatan angin mencapai 60 km/.jam. Cuaca akibat proses konvergensi angin dari Benua Australia tersebut merata di laut Jawa sejak Sabtu (11/7/2015). Kondisi tersebut diprediksi bertahan hingga tanggal 19 Juli mendatang, cuaca di perairan Sumenep diperkirakan masih buruk.

Sementara itu, Kepala Syahbandar Utama Tanjung Perak, Rudiana menjelaskan ratusan calon penumpang kapal mudik gratis yang digelar Dishub dan LLAJ Jatim tersebut akan diberangkatkan besok, (16/7/2015).

“Berdasarkan informasi BMKG, ketinggian ombak sudah turun 4 meter. Meski demikian, kami tetap tidak menerbitkan SPB (surat persetujuan berlayar), khususnya kapal-kapal kecil lintasan kepulauan tersebut,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun dilapangan, pemberangkatan mudik gratis tersebut akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama, sebanyak 166 penumpang yang sedianya berangkat tanggal 13 Juli lalu.

Sedangkan, 116 penumpang harus rela menunggu kedatangan KM Darlin Isabel yang memberangkatkan penumpang gelombang pertama. (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.