Senin, 26 September 22

Ratusan HP Milik Napi di Sumbar Dibakar

Ratusan HP Milik Napi di Sumbar Dibakar

Padang, Obsessionnews – Ratusan telepon genggam atau hanphone (hp) milik nara pidana dan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Sumatera Barat (Sumbar) dimusnahkan. Pemusnahan dengan cara membakar ini berlangsung di rumah tahanan Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Rabu (27/4).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sumbar Ansaruddin mengatakan, pemusnahan dilakukan sebagai antisipasi agar tidak disalahgunakan untuk komunikasi terhadap jual beli narkotika dalam lapas. Dikhawatirkan telepon genggam milik napi disalahgunakan untuk mempermudah komunikasi bagi napi menjalankan aksinya dari Lapas dan Rutan.

HP Dibakar 2

“Barang bukti ini disita dari sejumlah lapas dan rumah tahanan di 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Ratusan HP ini dirampas saat razia dalam kurun waktu tahun 2016 ini. Barang bukti ini masih kecil, karena sebelumnya sudah dilakukan pemusnahan di masing-masing lapas dan rutan,” kata Ansaruddin pemusnahan Rabu (27/4).

Ansharuddin mengatakan, kedepan, pihaknya mengintensifkan razia ke lapas dan rutan sehingga tempat itu bebas dari peredaran narkoba. “Dalam waktu dekat, para napi dan tahanan tidak diperbolehkan membawa uang ke dalam,” ujarnya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.