Minggu, 25 September 22

Ratu Wulla Talu Buktikan Kemampuan dan Komitmen Tanpa Keraguan

Ratu Wulla Talu Buktikan Kemampuan dan Komitmen Tanpa Keraguan
* Anggota DPR RI Ratu Wulla Talu. (Foto: Fikar A/WO)

Kiprah perempuan tak bisa dipandang sebelah mata, terutama dalam kontribusi bagi penguatan peran dan partisipasi politik. Perempuan asal Sumba, Nusa Tenggara Timur, Ratu Wulla Talu berhasil membuktikan bahwa kaum Hawa tak hanya mampu berperan sebagai ibu rumah tangga, namun juga menduduki jabatan serta berkompetisi.

Berbicara tentang keseriusannya meniti dunia politik, Ratu menguraikan, “Politik memang pilihan hidup saya, bahkan sejak di bangku kuliah. Ketika dipercayakan oleh partai untuk maju mencalonkan diri, saya meyakinkan dan membuktikan kepada masyarakat khususnya di kabupaten Sumba Barat Daya, bahwa saya bisa dipercaya dan diandalkan. Ternyata dukungan masyarakat luar biasa,” ujar perempuan pertama asal Sumba yang terpilih secara langsung menjadi anggota DPR RI ini.

Ibu empat anak ini memulai perjuangannya dengan aktif berorganisasi, di antaranya Ketua KADIN Sumba Barat Daya dan Ketua Ikatan Guru Indonesia. Sebagai istri Bupati periode 2014-2019 Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu (MDT), lulusan fakultas teknik dari Universitas Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini melalui organisasi PKK yang dipimpinnya melakukan terobosan pengembangan dan pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di setiap desa.

Selain itu, dia membentuk kelompok tenun bagi perempuan yang tersebar di desa-desa di Kabupaten Sumba Barat Daya. Dia juga bekerja keras membantu pengrajin tenun ikat khas SBD untuk memperkuat branding dalam mempromosikan produk kerajinan tangan daerahnya sampai ke mancanegara. Politisi NasDem yang mewakili daerah pemilihan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) II. Dia juga memiliki visi membuka akses pasar penjualan kopi dari NTT khususnya kopi Sumba yang terkenal memiliki cita rasa khas, agar bisa menembus pasar internasional. (Angie)

Untuk membaca artikel selengkapnya dapatkan majalah cetak dan digital Women’s Obsession edisi Desember 2019

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.