Selasa, 25 Januari 22

Ratu Elizabeth Hormat Ala Nazi, Buckingham Gerah

Ratu Elizabeth Hormat Ala Nazi, Buckingham Gerah

Obsessionnews – Ketika Ratu Elizabeth II memberi hormat ala Nazi, Kerajaan Inggris gerah. Istana Buckingham menyatakan, sedang mempertimbangkan langkah hukum terhadap pembocor video yang direkam tahun 1933 tersebut.

Apa mungkin keluarga kerajaan punya hubungan dengan rezim Adolf Hitler ?

Saat itu, Elizabeth masih bergelar putri dan diperkirakan berusia sekitar enam tahun. Dalam video berdurasi 17 detik itu, ia yang diduga kuat belum mengerti makna penghormatan ala Nazi itu didorong pamannya yang kemudian menjadi Raja Edward VIII.

Bukan cuma Putri Elizabeth yang didorong Raja Edward memberi hormat ala Hitler. Dalam video yang dipublikasikan The Sun itu, Ibu dan saudara perempuannya pun diminta Edward bergaya Nazi.

Banyak ahli sejarah menduga, Edward yang menduduki tahta tak lebih dari setahun menaruh simpati pada pemerintahan Hitler dan Nazi tentunya. Menurut catatan para pakar seperti dilansir AFP, selama bertahun-tahun dia mendambakan bertemu Adolf.

Setahun setelah pelantikan Edward sebagai raja pada 1937, pertemuan tersebut digelar di Jerman. Setelah itu, dia harus turun tahta lantaran lebih memilih Wallis Simpson, janda asal Amerika Serikat sebagai istrinya ketimbang duduk di singgasana.

Belakangan diketahui, pada 1940 Nazi pernah berencana melancarkan ‘Operasi Wili’ yang bertujuan menculik Edward. Setelah Jerman berhasil menguasai Inggris, suami Wallis bakal dijadikan raja lagi. Namun, rencana ini tak pernah terlaksana.

Buckingham yakin kalau video tersebut dicuri dari arsip kerajaan yang ditempatkan di Kastil Windsor. Sementara akses masuk ke ruang itu, sangat ketat.

“Sangat sulit dan dilindungi kesepakatan kerahasiaan,” kata seorang sumber seperti dikutip The Telegraph.

Meski tanggapan keras atas beredarnya video Ratu Elizabeth memberi hormat ala Nazi Jerman sudah dilontarkan Buckingham, The Sun menolak mengumumkan pihak yang memberikan salinan dan mengatakan kalau film aslinya masih tetap terjaga baik.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.