Kamis, 30 Juni 22

Ratna ‘Marsinah’ Sarumpaet yang Kritis terhadap Penguasa  

Ratna ‘Marsinah’ Sarumpaet yang Kritis terhadap Penguasa  
* Ratna Sarumpaet dan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga calon presiden Prabowo Subianto. (Foto: Twitter @fadlizon)

Perempuan kelahiran Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 16 Juli 1949, ini bernafas lega karena ikut berperan menjatuhkan Soeharto. Namun, perjuangan Ratna tak berhenti hanya sampai di situ. Ia terus melancarkan aksi unjuk rasa terhadap siapapun yang berkuasa, termasuk Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta (saat itu) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Bahkan dengan lantang Ratna mengajak para pendukungnya menurunkan Jokowi dan Ahok, karena menurut Ratna kebijakan Jokowi dan Ahok merugikan rakyat. Salah satu kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang dinilai Ratna merugikan rakyat adalah penggusuran rumah warga Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Agustus 2015 lalu.

Ratna pun menganggap perbuatan Pemprov DKI Jakarta itu melanggar HAM. Oleh karena itu Ratna turun tangan membela warga Kampung Pulo, dan bersama berbagai organisasi kemasyarakataan (ormas) menggalang kekuatan melalui Gerakan Melawan Ahok.

Meski usianya sudah senja, 66 tahun, Ratna seakan-akan tak pernah kehabisan energi memimpin demonstrasi untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang tertindas. Ya, Ratna tak pernah lelah membela rakyat yang teraniaya, meskipun ia harus berurusan dengan aparat keamanan. Ia pahlawan bagi para aktivis pro demokrasi. Namun, di sisi lain ia juga dikecam oleh orang-orang yang pro pemerintah. (arh)

 

Baca juga:

Kasus Ratna, Fahira: Level Terendah Manusia itu Menganiaya Perempuan

Sudah Seminggu, Kasus Ratna Sarumpaet Baru Terungkap

Politisi PKS: Ratna Dianiaya Agar Bungkam

Mahfud MD: Penyerangan Ratna Sarumpaet Biadab!

Pihak Istana Tuding Ratna Satumpaet Provokasi Keluarga Korban KM Sinar Bangun

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.