Kamis, 27 Januari 22

Rapat di Cikeas Buntu, Anies Jadi Alternatif Cagub DKI ?

Rapat di Cikeas Buntu, Anies Jadi Alternatif Cagub DKI ?

Bogor, Obsessionnews.com  Rapat pimpinan 4 partai, yaitu PD, PAN, PKB dan PPP di kediaman Ketum PD, Susilo Bambang Yudhoyono berjalan buntu. Menyiapkan satu nama maju buat DKI1, tapi tunggu restu dari Gerindra dan PKS. Akankan muncul poros baru-Poros Cikeas, mengusung mantan Mendiknas, Anies Bawesdan jadi kuda hitam?

“Kita menyampaikan bahwa kami berempat sudah sepakat mengusung satu pasangan calon dan kita tetap berkomunikasi dengan Gerindra dan PKS agar bisa mendapat dukungan mereka,” kata Ketum PKB Muhaimin Iskandar dalam konferensi pers usai pertemuan di kediaman SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/9/2016).

baca juga:

PAN Beri Sinyal Dukung Anies Lawan Kuat Ahok

Prabowo Hormati Keputusan Megawati Dukung Ahok

PDI-P Usung Ahok, Wong Cilik Bakal Perpaling ke Gerindra

Namun Muhaimin tak mau bicara soal pasangan calon yang sudah disepakati itu. Mereka akan menghubungi calon tersebut untuk dimintai kesediaan.

“Perihal siapa calon itu, kita akan bertemu dengan calon itu setelah ini untuk menanyakan kesediaannya. Intinya empat partai mengusung satu pasangan calon,” tegasnya.

Kenapa harus dikomunikasikan? Ternyata pasangan cagub dan cawagub yang disepakati keempat parpol ini berbeda dengan yang sudah disepakati PKS dan Gerindra. Karena itu perlu dilakukan komunikasi lebih jauh.

Wisnu - Anies

Sebelumnya, sempat muncul alternatif mengusung Anies Bawesdan-Sandiaga Uno, sebagai bentuk kompromi Koalisi Kekeluargaan dengan Koalisi Cikeas. Juga memunculkan alternatif lain melibatkan PBB, dengan memunculkan Yusril Ihza Mahendra-Sandiaga Uno.

Namun tampaknya, alot soal mahar politik atau biaya operasional selama kampanye dan sebagainya.

Sementara Koalisi Kekeluargaan (PKS dan Gerindra) rapat dipimpin langsung Prabowo Subianto di Jl. Kertanegara, Jakarta Selatan, tetap mengusung Sandiaga Uno-Mardani. Dari syarat jumlah suara dan kursi, sebenarnya sudah cukup didaftarkan ke KPUD DKI.
Menanggapi hal ini, Ketua DPD Gerindra, M Taufik mengatakan pisahnya rapat di Koalisi Kekeluargaan ini dimaksudkan agar memudahkan jalannya rapat.

“Kan biar lebih gampang. Yang di sini pikirannya apa, dan yang ini pikirannya apa. Biar jadi satu,” ujar Taufik ketika tiba di kediaman Prabowo di Jl. Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2016).

Pisahnya rapat Koalisi Kekeluargaan ini sempat menghembuskan isu akan adanya poros baru. Namun, Taufik menyanggah hal tersebut.

“Komunikasi (dengan yang di Cikeas) tetap berjalan. Enggak (ada poros baru), insya Allah,” katanya.

Kalau buntu, minimal ada 3 pasangan yang bakal meramaikan Pilkada DKI tahun depan. Pertama sudah diusung PDI Perjuangan dan sekutunya, Ahok-Djarot. Kedua, Sandiaga Uno-Mardani diusung Gerindra dan PKS, dan terakhir, poros baru-Poros Cikeas mengusung Anies Bawesdan. Belum diketahui duet dengan siapa.

Batas tenggat waktu, tinggal sampai besok, Jumat (23/9/2016). @reza_indrayana

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.