Kamis, 26 Mei 22

Rano Karno Diangkat Jadi Duta Koperasi dan UKM

Rano Karno Diangkat Jadi Duta Koperasi dan UKM
* Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga saat pembukaan Talkshow Fashion Bazaar Ramadhan di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengangkat Mantan Gubernur Banten, Rano Karno sebagai Duta Koperasi dan UKM 2018. Rano yang kalah dalam Pilkada Banten tahun 2017 lalu itu, akan menggantikan posisi Dedi Gumelar alias Miing.

Miing per 2018 ini sudah tidak lagi menjadi Duta Koperasi dan UKM. Sedangkan partnernya, Dewi Motik Pramono masih melanjutkan tugasnya sebagai Duta Koperasi dan UKM. Ke depan keduanya akan saling berkolaborasi. 

Puspayoga mengumumkan hal itu pada saat pembukaan Talkshow Fashion Bazaar Ramadhan yang diselenggarakan oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Mulanya Puspayoga maju ke depan panggung utama karena diminta Ketua Umum Iwapi Nita Yudi untuk menyampaikan pesan-kesan atas terselenggaranya Fashion Bazaar Ramadhan 2018. Puspayoga lalu memperkenalkan Rano sebagai Duta Koperasi yang baru.

“Dalam kesempatan ini saya perkenalkan ada Duta Koperasi yang baru namanya Rano Karno. Terima kasih mas Rano,” kata Puspayoga disambut tepuk tangan peserta talkshow. 

“Di sini kami perkenalkan juga, bagi teman-teman yang sudah tahu pasti, Ibu Dewi Motik sudah lama menjadi Duta Koperasi kita,” tambahnya.

Rano dipilih karena dianggap sebagai tokoh yang concern terhadap pengembangan Koperasi dan UKM saat masih menjabat menjadi Gubernur Banten. Tak pelak dia sangat diapresiasi oleh Kemeterian Koperasi dan UKM.

“Dia (Rano) selalu aktif selama ini dalam mengembangkan koperasi di daerah Banten, dan dia sudah gak Gubernur. Jadi dia bersedia jadi Duta Koperasi,” ujar Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring. 

Pengangkatan Rano sebagai Duta Koperasi UKM memang belum resmi, karena masih menunggu surat keputusan resmi. Rano akan bertugas di bawah koordinasi Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM).

“Baru diumumkan tadi, gak tau per kapan (mulai bekerja). Sedang disiapkan dulu SK-nya oleh LLP-KUKM, karena strukturnya masuk di sana,” pungkas Meliadi. 

Sebagai Duta Koperasi dan UKM, Dewi Motik dan Rano memiliki beberapa tugas utama. Pertama, menjadi narasumber dalam event/kegiatan Kemenkop dan UKM. Kedua, mensosialisasikan program tiap unit kerja pada Kemenkop dan UKM kepada stakeholder terkait. 

Ketiga, sebagai representatif dalam berbagai kegiatan yang terkait dengan efektivitas pelaksanaan program dan kegiatan peningkatan daya saing UMKM dan Koperasi.

Keempat, mempromosikan produk KUKM dalam berbagai event yang diselenggarakan Kemenkop UKM.

Fashion Bazaar Ramadhan memasuki hari ke-kedua. Event ini dimeriahkan dengan fashion show, pameran produk fashion, display berbagai kostum selebritis, display kain nusantara, serta talkshow dan sharing, maupun konsultasi seputar fashion dan kecantikan.

Tujuan diadakan kegiatan sebagai ajang untuk memperkenalkan Creativ Stage yang berada di lantai 3 Gedung Smesco Indonesia sebagai tempat promosi produk unggulan UKM Indonesia.

“Kita buatkan sekarang apa yang dibilang Ibu Nita Yudi tadi, silahkan pergunakan lantai 3 ini dan kita tidak kenakan biaya,” papar Puspayoga.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM I Wayan Dipta, Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi, dan Fashion Designer sekaligus Dewan Pengawas LLP- KUKM, Samuel Wattimena.

Selain itu, hadir juga Ketua bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bintang Puspayoga, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM masing-masing Teguh Budiyana dan Agus Muharram, maupun Ketua Umum Iwapi Nita Yudi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.