Jumat, 24 September 21

Rakyat Jangan Pilih Caleg Gunakan Politik Uang

Rakyat Jangan Pilih Caleg Gunakan Politik Uang

A.Rapiudin
Jakarta– Sebanyak 6.576 daftar caleg sementara (DCS) dari 12 partai politik telah masuk ke meja Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selain didominasi pemain lama, DCS juga diwarnai munculnya wajah-wajah baru yang akan bersaing menuju Senayan.

Dalam pandangan Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti, kehadiran wajah-wajah baru dalam DCS diharapkan dapat memberi warna politik nasional ke arah yang lebih  baik lagi.  Mereka juga diharapkan mampu melakukan perubahan positif bagi pembangunan demokrasi dan kesejahteraan rakyat lewat  undang-undang yang dihasilkan wakil rakyat di Senayan.

“ Masyarakat kita sudah cerdas dalam memilih caleg. Yang jelas, jangan pilih wakil rakyat yang menggunakan politik uang,” terangnya di Jakarta, Rabu (24/4).

Ray menyayangkan kebijakan KPU yang tidak memberi ruang bagi masyarakat untuk memberi masukan terkait caleg yang terdaftar di DCS. Padahal, publik perlu tahu siapa saja caleg-caleg yang akan mereka pilih, terutama soal track record-nya.

Seperti diketahui, KPU telah menerima berkas bakal caleg DPR sebanyak 6.576 dari 12 parpol peserta Pemilu 2014.  Dari jumlah tersebut, bacaleg perempuan sebanyak 2.343 orang dan laki-laki sebanyak 4.142 orang.

Proses verifikasi terhadap berkas bakal caleg dimulai pada 23 April 2013 hingga 6 Mei 2013. Hasil verifikasi akan disampaikan kepada parpol pada tanggal 7-8 Mei 2013. Partai kemudian diberi ke3 sempatan untuk melakukan perbaikan pada 9-22 Mei 2013. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.