Senin, 23 September 19

Rakyat Afsel Usul Pemerkosa dan Pelaku Kriminal Dihukum Mati !!

Rakyat Afsel Usul Pemerkosa dan Pelaku Kriminal Dihukum Mati !!
* Banyak perempuan cemas bakal menjadi korban pemerkosaan. (BBC)

Rakyat di Afrika Selatan (Afsel) menuntut pelaku kriminal dan pemerkosa dihukum mati. Pasalnya, publik Afsel sudah geram terhadap rentetan pemerkosaan dan pembunuhan keji terhadap perempuan yang terjadi beberapa pekan terakhir.

Dua peristiwa di antaranya adalah seorang siswi yang kepalanya pecah dan mahasiswi yang dipukuli hingga tewas. Sejumlah kasus kekerasan itu memicu unjuk rasa jalanan dan gerakan #AmINext di Twitter.

Muncul pula petisi daring yang telah diteken 500 ribu kali, yang menuntut pemberlakuan kembali hukuman mati di negara yang bergelut mengatasi tingkat kriminalitas tinggi.

Presiden Afsel, Cyril Ramaphosa, berjanji mengambil kebijakan khusus mengatasi beragam kasus tersebut.

Ramaphosa mengatakan bakal membuat daftar pelaku kejahatan, membuka pengadilan baru khusus kejahatan seksual, dan meninggikan ancaman pidana.

Fotografer bernama Sarah Midgley, seorang ibu dua anak berusia 37 tahun yang tinggal di Johannesburg, kini masih berjuang menghilangkan trauma pemerkosaan yang dialaminya hampir satu dekade lalu.

Midgley mengisahkan pergulatannya kepada wartawan BBC Afrika. “Saya diperkosa mantan pacar saya tahun 2010, di sekitar penyelengaraan Piala Dunia di Afsel,” kisahnya.

“Pacar saya melakukan serangan fisik dan mental selama kurang lebih 18 bulan, sebelum saya akhirnya berani meninggalkannya,” aku Midgley.

“Saya sempat mengancam kabur darinya. Tapi setiap kali saya mengutarakan niat itu, dia semakin keji.”

“Dia menendang, mencekik, dan menggigit saya. Dia mengancam akan memerkosa dan membunuh anak saya di depan saya jika saya kabur. Dia menyetrum saya sekali lagi,” ungkap Midgley.

Beberapa kasus yang memicu kemarahan publik Afsel sejak Agustus lalu:
• Seorang pelajar bernama Janika Mallo (14 tahun) diperkosa dan tewas setelah kepalanya menghantam tembok beton. Belum ada pelaku yang ditangkap dalam perkara ini.
• Mahasiswi kajian media dan film bernama Uyinene Mrwetyana (19), diduga dijebak dalam sebuah ruangan di kantor pos, diperkosa lalu dipukuli hingga tewas. Seorang pegawai pos menjadi tersangka dalam kasus ini.
• Mahasiswa ilmu teologi, Jesse Hess (19) ditemukan tewas di tempat tidur rumahnya. Kakeknya, Chris Lategan (85), juga ditemukan dalam kondisi terikat di kamar mandi. Belum ada tersangka dalam kasus ini.
• Petinju Leighandre “Baby Lee” Jengels (25) ditembak mati di dalam mobil mantan pacarnya yang seorang polisi. Eks kekasihnya itu belakangan juga tewas dalam kecelakaan lalu lintas saat berusaha kabur dari penyerang.
• Atlet ketangkasan berkuda, Megan Cremer (30) ditemukan tewas dalam kuburan dangkal, dalam kondisi leher terikat tali. Tiga orang menjadi tersangka pada kasus pembunuhan ini.
• Beberapa bagian tubuh mentor pemasaran, Lynette Volschenk (32) ditemukan di dalam plastik sampah di sebuah kawasan apartemen. Seorang terduga pelaku ditangkap.

Sumber: BBC Magazine

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.