Jumat, 19 April 24

Raja Thailand Pecat Enam Pejabat ‘Korup’

Raja Thailand Pecat Enam Pejabat ‘Korup’
* Raja Thailand Maha Vajiralongkorn

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn memecat enam pejabat yang dianggap paling jahat karena menyalahgunakan kekuasaan atau menyelewengkan jabatan (korup) untuk kepentingan pribadi ataupun kroninya.

Keenam pejabat tersebut dianggap berperilaku “teramat jahat”, beberapa hari setelah Raja Thailand mencopot semua gelar kerajaan yang tadinya diberikan kepada selirnya dengan alasan “bertindak tidak pantas dan tidak setia terhadap kerajaan”.

Dari enam pejabat yang dipecat di antaranya terdapat seorang perempuan dan dua penjaga kerajaan. Ada pula pejabat senior kepolisian, yaitu Letnan Jenderal Sakolket Chantra yang bertugas di Badan Rumah Tangga Kerajaan.

“Mereka telah melanggar tata cara perilaku melalui tindakan teramat jahat dengan mengeksploitasi jabatan resmi untuk keuntungan orang lain dan mereka sendiri,” sebut pengumuman Royal Gazette.

“Mereka juga tidak mematuhi aturan kerajaan yang telah sangat merusak urusan kerajaan,” imbuh pengumuman tersebut.

Raja Thailand menelanjangi istri dan pangkat militer karena tidak loyal :

  

Pemecatan ini mengemuka setelah Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, pada Senin (21/10), mendadak mencopot semua gelar kerajaan yang tadinya diberikan kepada selirnya, Sineenat Wongvajirapakdi.

Pencopotan dilakukan tiga bulan setelah perempuan berusia 34 tahun itu diangkat secara resmi menjadi selir raja.

Pengumuman yang dikeluarkan kerajaan menyebutkan, Sineenat “ambisius dan mencoba memposisikan diri sebagai ratu”. Dikatakan pula bahwa Sineenat “bertindak tidak pantas dan tidak berterima kasih”.

Raja Vajiralongkorn memberikan gelar kepada Sineenat di bulan Juli, dua bulan setelah pernikahannya dengan Ratu Suthida, istri keempatnya.

Thailand mempunyai hukum lese majeste yang akan mempidanakan individu yang mengritik raja atau kerajaan. (*/BBC News Indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.