Minggu, 9 Agustus 20

Rahasia Rezeki, Kisah Semut dan Rezeki

Rahasia Rezeki, Kisah Semut dan Rezeki
* Ilustrasi rezeki. (Foto: Sutanto/Obsession News)

Banyak orang takut kehilangan pekerjaan atau mata pencahariannya sama takutnya dengan kematian.

Seolah-olah apabila sudah tidak bekerja pada perusahaan ini atau itu. Atau bekerja pada bos fulan (fulanah) habislah atau tamatlah hidupnya. Mereka lupa bahwa sesungguhnya yang menjamin rezeki itu adalah Allah Azza Wa Jalla.

Di bawah ini dipaparkan kisah menarik yang merupakan bukti bahwa seekor semut saja tahu kepada siapa sebaiknya dirinya bergantung dan berharap dalam segala urusannya.

Semut dan Rezeki

Suatu ketika seekor semut tertangkap basah oleh Nabi Sulaiman tengah membawa dua ekor belalang. Ia melahap kedua ekor belalang dengan lahap.

Esok hari Nabi Sulaiman memasukkan si semut tadi ke dalam sebuah kotak. Lalu Nabi Sulaiman memasukkan dua ekor belalang ke dalam kotak, sebagai bahan makanan si semut.

Namun, Nabi Sulaiman kaget, karena si semut hanya memakan satu ekor belalang saja. Nabi Sulaiman bertanya, “Hai semut, mengapa kemarin kamu menghabiskan 2 ekor belalang, sementara sekarang hanya menghabiskan satu  ekor saja?”

Si semut menjawab,”Kemarin, sebelum engkau masukkan aku ke dalam kotak, aku bebas dan percaya bahwa Allah penjamin segala kebutuhan hidupku. Oleh karena itu aku tak pernah khawatir menghabiskan kedua belalang, karena esok hari aku akan mendapatkan kembali. Sekarang setelah aku ada dalam kotak, aku tak yakin bahwa engkau akan menjamin hidupku.  Maka aku habiskan hanya satu belalang saja, dan menyisakan satu ekor lagi untuk esok hari.”

Sahabat, nyaman berada dalam kotak apapun itu adalah musibah. Apalagi mempercayai bahwa si kotak merupakan sumber rezeki. Kita harus yakin, ketika berada di luar kotak, rezeki itu seluas bumi dan langit. Asalkan kita mau berikhtiar sekuat semut dan mau beramal jama’i sekokoh mereka. Karena tak ada rezeki yang didapat sendiri. (*/Pustaka/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.