Senin, 14 Oktober 19

Radius Enam Kilometer Dari Puncak Gunung Agung Disterilkan

Radius Enam Kilometer Dari Puncak Gunung Agung Disterilkan
* Gunung Agung (Foto : Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan saat ini Gunung Agung di Klungkung, Bali, berstatus level 3, atau berstatus siaga. Untuk itu, BNPB tengah mensterilkan radius enam kilometer dari puncak gunung berapi tersebut.

Teryata berita mengenai status Gunung Agung menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com Selasa (19/9/2017) pukul 16:00 berita ini lebih dari 20.000 dicari melalui Google.

Kepala BNPB Willem Rampangilei menyampaikan, dengan posisi status Gunung Agung tersebut, radius enam kilometer dari puncak gunung berapi disterilkan. “Masyarakat, wisatawan dan pendaki, tidak boleh melakukan aktivitas dari radius enam kilometer,” ujarnya dalam konfrensi pers di Lanud Halimperdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (19/9).

Dengan kondisi tersebut, sudah ada 44 keluarga yang berdomisili di sekitar Gunung Agung, yang mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kondisi Gunung Agung

Sampai malam tadi, Senin (18/9), pukul 21.00 WITA, pusat vulkanologi mitigasi bencana dan geologi (PVMBG) memantau kondisi Gunung Agung masih terjadi gempa vulkanik dangkal dengan durasi 10-30 detik, dan gempa tektonik lokal sebanyak 3 kali dengan durasi 30 – 35 detik.

Secara visual yang terlihat dari Gunung Agung, belum terlihat adanya asap yang keluar dari kawah. Pemantauan dari Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebut bahwa belum terjadi hujan abu di wilayah sekitar Gunung Agung. Namun terpantau adanya anomali suhu di gunung yang disakralkan itu. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.