Sabtu, 18 September 21

Rachel Maryam Dorong Jokowi Protes Cina Terkait Larangan Puasa

Rachel Maryam Dorong Jokowi Protes Cina Terkait Larangan Puasa

Jakarta, Obsessionnews – Kebijakan pemerintah Cina yang melarang muslim Uighur berpuasa menjadi sorotan Anggota Komisi I DPR RI, Rachel Maryam Sayidina. Dalam siaran pers, ia meminta agar pemerintahan Jokowi Widodo – Jusuf Kalla melayangkan protes atas kebijakan berbau SARA tersebut.

Menurutnya, aturan Tiongkok melarang umat Islam, suku Uighur berpuasa dengan dalih setiap agama di negeri Panda harus berjanji untuk setia pada negara tak dapat dibenarkan.

“Hal tersebut tentunya sangat disayangkan dan tidak dapat dibenarkan. Bagaimanapun menjalankan ibadah keagamaan sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan adalah hak dasar seluruh manusia yang tidak boleh dilarang oleh siapapun,” kata politikus Partai Gerindra ini, Minggu (28/6/2015).

Mantan artis ini berujar, Indonesia selaku negara dengan komunitas muslim terbesar di dunia harus terlibat serta berperan aktif dalam menciptakan kebebasan beragama, termasuk menjalankan ibadah kepercayaannya di negara manapun, tak terkecuali negeri komunis itu.

“Karena itu pemerintah Indonesia harus berani menyuarakan sikapnya agar dunia, termasuk Tiongkok mengetahui bahwa Indonesia tidak sepakat dengan cara-cara yang dapat membatasi dan melarang seseorang untuk menjalankan kehidupan beragama dan beribadah sesuai agama dan kepercayaannya,” tegas Rachel.

Tentunya, sudah sewajarnya hal tersebut dilaksanakan pemerintah karena sejalan dengan pembukaan UUD 1945 yang memberikan tugas bahwa Indonesia wajib berperan aktif menciptakan perdamaian dunia.

Seperti diketahui, berbagai propaganda hingga pelarangan dilakukan pemerintah Cina kepada umat muslim di wilayahnya untuk tidak melaksanakan ibadah puasa. Jika ditarik kembali, lagaknya negara terbesar di Asia itu membuat kebijakan pelarangan dikarenakan aksi beberapa teroris yang mengaku berasal dari suku Uighur. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.