Selasa, 26 Oktober 21

Rabies Telan Korban 18 Jiwa di Kalbar

Rabies Telan Korban 18 Jiwa di Kalbar
* Gigitan anjing menyebabkan penyakit rabies

Pontianak, ObsessionnewsRabies merupakan penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik, yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Virus rabies ditularkan ke manusia melalui gigitan hewan, misalnya oleh anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar. Rabies sering disebut juga dengan penyakit anjing gila.

Penyakit rabies kini menyebar hampir di seluruh dunia, termasuk di Kalimantan Barat (Kalbar). Sepanjang Januari – Februari 2015 di Kalbar penyakit yang satu ini sudah menelan 18 jiwa, yakni 9 jiwa di Kabupaten Ketapang dan 9 jiwa di Melawi. Ketapang dan Melawi paling rawan terkena rabies. Virus rabies ini ditularkan dari anjing di wilayah perbatasan dengan Kalimantan Tengah. Walaupun baru dua kabupaten terkena rabies, tingkat kematian yang disebabkan rabies cukup tinggi.

Oleh sebab itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar menyatakan kejadian luar biasa (KLB) rabies dengan menerbitkan Surat keputusan (SK) Gubernur Kalbar Nomor 428 tahun 2015 yang menyatakan waspada dan KLB rabies. SK Gubernur Kalbar mengenai KLB rabies tersebut mengingatkan kabupaten/kota agar terus berupaya menekan laju angka kematian yang disebabkan rabies dengan memberi vaksin kepada korban yang terkena gigitan anjing.

“Kasus gigitan anjing terbanyak terjadi di Ketapang dengan jumlah kasus gigitan sebanyak 147 orang di 20 kecamatan, dan telah dilakukan pencegahan dengan pemberian vaksin sebanyak 113 orang,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar A. Manaf Mustafa kepada obsessionnews.com di Pontianak, Sabtu (14/3).

Sedangkan di Melawi kasus gigitan anjing sebanyak 108 orang, dan sudah dilakukan vaksinisasi sebanyak 81 orang.

Selain pemberian vaksin terhadap korban gigitan anjing, kucing, dan kera, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar juga meningkatkan kemampuan para petugas hewan dalam menjaga hewan-hewan dalam keadaan sehat, bersih, dan terbebas dari virus. Hal ini penting dilakukan untuk menuju Kalbar sebagai provinsi bebas rabies. (Ahmad Saufi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.