Rabu, 24 April 24

PVMB Sebut Suara Dentuman Bukan dari Anak Gunung Krakatau

PVMB Sebut Suara Dentuman Bukan dari Anak Gunung Krakatau
* Anak Gunung Krakatau. (Foto: Republika)

Jakarta, Obsessionnews.com – Masyarakat di sekitar Jakarta, Bogor dan Tangerang dikagetkan dengan bunyi suara dentuman yang sangat kencang. Banyak yang mengira bunyi dentuman itu adalah erupsi atau letusan Anak Gunung Krakatau.

Namun berdasarkan keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) menyatakan suara dentuman yang terdengar dini hari ini bukan terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau.

“Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran,” kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, saat dihubungi Sabtu (11/4/2020).

Menurut Hendra, tidak terdengar bunyi letusan dari Gunung Anak Krakatau sejak semalam. Letusan Gunung Anak Krakatau ini dinilai Hendra relative kecil.

“Saya sudah cek ke Pos Penganatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut),” jelas Hendra.

Sebelumnya, terdengar suara dentuman di sejumlah wilayah, di antaranya Jakarta Selatan, Depok, hingga Kabupaten Bogor. Letusan terdengar beberapa kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB. Dentumam itu sempat membuat warga Jakarta dan sekitarnya panik. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.