Jumat, 25 September 20

Putra Petani Jadi Perdana Menteri Jepang!

Putra Petani Jadi Perdana Menteri Jepang!
* Yoshihide Suga adalah putra pasangan petani strawberi. (Foto: RTR/BBC)

Yoshihide Suga, seorang putra petani yang hampir dipastikan bakal menjadi perdana menteri baru Jepang, menggantikan Shinzo Abe yang telah mengundurkan diri.

Partai yang memerintah di Jepang memilih Yoshihide Suga sebagai pemimpin baru untuk menggantikan Shinzo Abe, langkah yang menunjukkan ia hampir dipastikan akan menjadi perdana menteri baru Jepang.

Bulan lalu, Abe mengumumkan pengunduran dirinya karena alasan kesehatan.

Suga, 71, adalah kepala sekretaris kabinet dalam pemerintahan yang tengah berjalan. Ia telah diprediksi luas untuk menang.

Suga dipandang sebagai tokoh yang dekat dengan Abe dan berpotensi melanjutkan kebijakan-kebijakannya.

Suga memenangkan pemungutan suara pemilihan presiden Partai Liberal Demokratik (LDP) konservatif dengan margin besar. Ia memenangkan 377 dari total 534 suara anggota parlemen dan perwakilan regional.

Kini setelah LDP memiliki pemimpin baru, pemungutan suara akan digelar di parlemen pada Rabu (16/09), di mana Suga hampir dipastikan terpilih menjadi perdana menteri mengingat suara mayoritas LDP.

Suga, yang menggantikan Abe di tengah periode, diprediksi akan menjadi perdana menteri sampai akhir periode. Pemilihan umum berikutnya dijadwalkan pada September 2021.

Yoshihide Suga – politisi veteran, anak petani
Suga, anak dari pasangan petani strawberi, adalah politisi veteran.

Mengingat peran sentralnya sebagai kepala sekretaris kabinet di pemerintahan, ia ditengarai akan memberikan keberlanjutan ketika memimpin pemerintahan sementara sampai pemilu digelar pada 2021.

“Shinzo Abe dan kepala partai lainnya memilih dan bergabung dalam koalisi pendukung Suga tepatnya karena ia adalah kandidat ‘keberlanjutan’ terbaik, seseorang yang mereka anggap dapat melanjutkan pemerintahan Abe tanpa Abe,” kata Koichi Nakano, dekan dan guru besar ilmu politik di Sophia University di Tokyo, kepada BBC.

Meski tidak dianggap sebagai politisi paling energik atau bergairah, Suga memiliki reputasi sebagai seseorang yang efisien dan praktis.

Salah satu penampilannya yang paling banyak dibicarakan baru-baru ini adalah saat pergantian kekuasaan dari kaisar terdahulu, Akihito, ke kaisar sekarang, Naruhito, pada 2019.

Suga ditugasi mengumumkan nama era kekaisaran baru, Reiwa, ke warga Jepang dan masyarakat global.

Meski ia adalah kandidat favorit pemimpin LDP setelah Abe mengundurkan diri, masih belum jelas apakah ia akan memimpin partai dalam pemilu tahun depan.

Pengamat mengatakan, dinamika partai dapat berubah sehingga menempatkan seseorang yang lebih berenergi sebagai pemimpin mereka guna menjangkau pemilih yang lebih luas. (Red)

Sumber: BBC News

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.