Selasa, 16 April 24

Pusat Inkubator Bisnis Ikopin Latih UKM Cara Memulai Ekspor

Pusat Inkubator Bisnis Ikopin Latih UKM Cara Memulai Ekspor
* Ilustrasi pelatihan UKM.

Jatinangor, Obsessionnews.com – Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Ikopin melatih pelaku UKM cara untuk memulai ekspor agar UKM memahami persyaratan teknis dalam memasarkan produknya ke luar negeri.

Direktur Pusat Inkubator Bisnis & Kewirausahaan Ikopin (PIBI Ikopin) Indra Fahmi di mengatakan saat ini begitu besar dan terbuka peluang bagi UKM untuk melakukan ekspor.

“UKM harus paham teknis dalam melakukan ekspor karena sekarang ada ancaman banjirnya barang impor dan begitu mudahnya melakukan impor seperti misalnya dari China,” kata Indra dalam siaran pers, Minggu (22/4/2018).

Oleh karena itulah, Pusat Inkubator Bisnis Ikopin (PIBI Ikopin) berinisiatif melaksanakan pelatihan yang berjudul “Pelatihan  Cara Memulai Ekspor” bagi para tenantnya.

Indra Fahmi berharap agar tenant PIBI Ikopin mengetahui dan memahami hal-hal yang sifatnya teknis dalam melakukan ekspor.

“Dengan begitu mereka sadar bahwa mengeskpor barang itu bukanlah sesuatu yang sulit,” katanya.

Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 21 April 2018 di Gedung PIBI Ikopin, Jatinangor, dan dihadiri oleh 30 orang tenant (UKM).

Praktisi Ekspor dan Trainer di Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia Nur Hidayat yang juga memberikan pelatihan pada kesempatan itu mengatakan hal yang pertama kali harus dibenahi adalah pola pikir dan pembentukan mental yang tangguh. 

“Kejujuran pada pembeli merupakan modal yang utama,” papar dia.

Selain itu, calon eksportir juga wajib mempelajari berbagai jenis dokumen produk ekspor yang harus dipersiapkan, biaya dan harga jual produk ekspor, jenis barang yang bisa diekspor, dan jenis-jenis pengangkutan produk ekspor.

Calon eksportir juga harus memahami cara   pengiriman ekspor, komponen biaya ekspor, menentukan harga jual ekpor, dan jaringan yang memudahkan terjadinya ekspor barang. 

Ia berharap dengan memahami hal itu pelaku UKM dapat memahami seluk beluk dalam melakukan ekspor serta bersemangat untuk     meningkatkan kualitas maupun kuantitas produknya yang berorientasi ekspor. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.