Senin, 20 September 21

Pungli dan Calo Perizinan Bakal Sulit di Kota Bandung

Pungli dan Calo Perizinan Bakal Sulit di Kota Bandung

Bandung, Obsessionnews – “Ini istimewa, karena naskah izinnya nanti dideliver ke rumah, tidak ada lagi pertemuan antara warga dengan PNS, sehingga ini akan memotong calo, pungli, dan peluang-peluang terjadinya negosiasi-negosiasi seperti itu,” ujar Walikota Bandung Ridwan Kamil saat meresmikan pelayanan perizinan terpadu secara online di Kantor BPPT, Jalan Cianjur, Bandung, Kamis (28/5/2015).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan sistem perizinan online merupakan reformasi birokrasi yang nyata, sehingga reformasi birokrasi ini diukur seberapa banyak perubahan dari negatif ke positif jadi lambat menjadi cepat dan jadi buruk menjadi baik.

bppt2

Dalam acara yang dihadiri perwakilan KPK, Kementerian Dalam Negeri, Perwakilan Kemenpan RB, Direktur Kepesertaan dan Ketenagakerjaan BPJS, serta Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Ema Sumarna tersebut, Kang Emil mengatakan, “reformasi birokrasi ini adalah seberapa banyak terukur secara ilmiah perubahannya dan hal itu yang harus menjadi edukasi, informasi yang tepat kepada warga.”

“Dengan launching ini warga Bandung bisa mengurus perizinan yang di akses secara online melalui bppt.bandung.go.id, sehingga warga bisa memohon 24 jenis perizinan dengan tiga tahapanm yakni Pendaftaran, Validasi dan Pembayaran,” tandas Emil.

Setelah melakukan semua tiga proses tahapan dengan benar. Para pemohon tinggal menunggu surat izin di rumah. BPPT Kota Bandung sendiri bekerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk mengantarkan surat izin itu kepada pemohon.
“Ini istimewa, karena naskah izinnya nanti di deliver ke rumah, tidak ada lagi pertemuan antara warga dengan PNS, sehingga ini akan memotong calo, pungli, dan peluang-peluang terjadinya negosiasi-negosiasi seperti itu,” ujar Emil.

Emil menekankan sistem perizinan online ini merupakan reformasi birokrasi, reformasi birokrasi ini diukur seberapa banyak perubahan dari negatif ke positif, jadi lambat menjadi cepat dan jadi buruk menjadi baik. Reformasi birokrasi juga berarti seberapa banyak terukur secara ilmiah perubahannya itu semua harus menjadi edukasi, informasi yang tepat kepada warga.

bppt3

Sementara itu Ema Sumarna mengatakan jika dalam pendaftaran semua data dan persyaratan yang diisi telah diupload, pemohon izin akan mendapatkan pemberitahuan data yang sudah lengkap dengan notifikasi SMS ke Handphone.
Didalam notifikasi SMS tersebut, nanti akan berisikan nomor resi yang berguna jika ada keluhan bisa mempergunakan complain tersebut dengan menunjukan nomor resi itu.

“Nanti keluar nomor resinya. Jadi kalau ada apa-apa bisa complain dengan nomor resi itu,” jelasnya.

Ema juga menambahkan jika ada warga yang belum mengerti tentang proses perizinan secara online, pihaknya dari BPPT akan menyediakan bantuan untuk menjelaskan proses tersebut di Kantor BPPT Jalan Cianjur.

Hal itu dimaklumi, karena menurut Ema proses perizinan online dalam satu tahun ini masih dalam masa transisi. “Karena tidak semua masyarakat punya gadget canggih dan mengerti internet. Jadi kita tetap ada layanan bantuan. Kalau orang bingung, bisa datang ke kita, kita bantu dengan proses online,” pungkasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.