Kamis, 25 April 24

Puncak Waringin Maksimalkan Potensi Masyarakat Labuan Bajo

Puncak Waringin Maksimalkan Potensi Masyarakat Labuan Bajo
* Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio saat mengunjungi Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT, Senin (20/1/2020). (Foto: Dok Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung perkembangan pembangunan Rest Area Puncak Waringin yang disiapkan secara khusus untuk menjadi creative hub di destinasi pariwisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio ikut mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Wishnutama mengatakan, Puncak Waringin yang sedang dibangun oleh Kementerian PUPR nantinya diarahkan sebagai sebuah ruang untuk berkarya bagi talenta ekonomi kreatif setempat. Lokasi ini akan digunakan untuk memaksimalkan potensi masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya.

“Melalui kegiatan di dalamnya seperti workshop, show case, weekly creative event, dan sebagainya,” ujar Wishnutama dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Senin (20/1/2020).

Dia menjelaskan, creative hub ini juga akan menjadi destinasi wisata yang sangat menarik bagi para wisatawan. “Ke depannya, usaha pengembangan ekonomi kreatif di kawasan destinasi wisata harus melibatkan pelaku kreatif daerah setempat,” katanya.

Sehingga generasi muda di wilayah destinasi dapat memanfaatkan kreativitas mereka untuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Menurut Wishnutama kehadiran pariwisata dan industri kreatif di suatu daerah mampu memberi nyawa bagi infrastruktur yang ada. Sebab potensi wisata bisa menjadi nilai ekonomi melalui upaya meningkatkan kualitas suvenir, musik, fotografi, kuliner, atau performing art.

“Sehingga bisa mendatangkan kesejahteraaan bagi pelaku-pelaku ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selain Wishnutama, Presiden juga didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala BNPP/Basarnas Bagus Puruhito, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula saat melakukan kunjungan kerja pengembangan destinasi wisata di Labuan Bajo. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.