Rabu, 20 Oktober 21

Puluhan Ribu Obat dan Kosmetik Ilegal Dimusnahkan

Puluhan Ribu Obat dan Kosmetik Ilegal Dimusnahkan
* Petugas membakar seluruh barang bukti obat dan kosmetik ilegal.

Semarang, Obsessionnews – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Semarang menyelenggarakan pemusnahan puluhan ribu obat dan kosmetik ilegal senilai miliaran, yang dilakukan di kantor Balai Besar POM, Kamis (24/3/2016). Seluruh obat-obatan tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dan dilarutkan.

Pelaksana Tugas Kepala BBPOM Semarang, Rukmini menjelaskan, barang bukti berasal dari 6 tersangka berinisial M, W, S, T dan AR. Masing-masing berasal dari Kabupaten Magelang, Karanganyar, Sukoharjo, Cilacap dan Kudus.

“Para tersangka dikenakan sangkaan tindak pidana memproduksi dan atau mengedarkan sediaan farmasi tanpa ijin edar,” papar dia.

Barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 37.037 kemasan terdiri atas 81 jenis obat tradisional ilegal, 305 kosmetik ilegal dan 20 item kemasan jenis roll. Total harga seluruh barang bukti mencapai Rp. 2.159.215.000.

“Selain barang bukti sitaan penyidik BBPOM di Semarang, juga dimusnahkan produk obat dan makanan yang berhasil diamankan dari 6 sarana distribusi di Jawa Tengah senilai Rp 136.211.000,” jelasnya.

Pemusnahan sendiri dihadiri oleh perwakilan lintas sektor seperti Kejaksaan Tinggi Jateng, Direktorat Narkoba Polda Jateng, Korwas PPNS Polda Jateng, Bea Cukai Jateng DIY, dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jateng.

Sedangkan bagi para tersangka, dijerat pasal 197 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 1.5 miliar. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.