Selasa, 29 September 20

Puluhan PT Ikut Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu

Puluhan PT Ikut Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu
* Kompetisi debat penegakan hukum pemilu di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (14/12/2019). (Foto: Dok Bawaslu)

Jakarta, Obsessionnews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar kompetisi debat penegakan hukum pemilu di Ancol, Jakarta Utara.

Kompetisi yang digelar pada 14-16 Desember 2019 ini diikuti oleh mahasiswa dari 35 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia yang terbagi dari 30 PT negeri dan 5 PT swasta.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, kompetisi debat tersebut sebagai ruang bagi mahasiswa menyampaikan gagasannya terkait kepemiluan.

“Melalui acara kompetisi debat ini, adik-adik mahasiswa dan mahasiswi sebagai perserta debat diberi ruang menyampaikan gagasan-gagasanya terkait dengan kepemiluan, khususnya mengenai penegakan hukum pemilu,” ujarnya di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (14/12/2019).

Dia mengaku, kompetisi debat ini dilakukan dengan niat untuk memajukan kehidupan berbangsa.

Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3) Bawaslu La Bayoni menambahkan, tujuan kompetisi debat ini guna memberikan pemahaman fungsi Bawaslu dalam penegakan hukum pemilu di lingkungan kampus.

Selain itu, tujuan dari lomba debat tersebut guna meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai permasalahan kepemiluan dan penegakan hukum pemilu.

“Mendorong peran aktif mahasiswa untuk meningkatkan partisipasi dalam penegakan hukum pemilu,” ujar Bayoni.

Untuk diketahui, dewan juri kompetisi debat pemilu berasal dari unsur akademisi, pengawas pemilu, dan pegiat pemilu yang berjumlah 24 orang. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.